Aquarium Laut

Pencahayaan Aquarium Laut, Perhatikan Hal ini

Tips Pencahayaan untuk Aquarium Air Laut

Pencahayaan Aquarium Laut, Perhatikan Hal ini. Persyaratan pencahayaan akuarium air Laut berbeda-beda, bergantung pada jenis organisme yang dipelihara di akuarium Anda: Ikan, invertebrata, atau karang. Jika merencanakan Aquarium laut, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan pencahayaan Aquarium laut.

Ikan Saja atau Ikan / Invertebrata

Akuarium Fish-Only (FO) membutuhkan pencahayaan paling sedikit. Terutama, pencahayaan untuk akuarium khusus ikan adalah untuk kesenangan Anda melihat ikan di akuarium. Ikan hanya membutuhkan pencahayaan terbatas pada siang hari.

Sangat mudah untuk mengatur timer pada lampu Anda untuk menyalakannya untuk cahaya fajar hingga senja di akuarium. Beberapa perlengkapan lampu bahkan akan menyalakan lampu secara bertahap dan kemudian meredupkannya secara perlahan saat malam tiba.

Untuk akuarium yang juga termasuk invertebrata krustasea (kepiting, umang-umang, dan udang) dan siput, mereka sama sekali tidak memerlukan banyak cahaya untuk menjalani hidupnya, karena banyak dari mereka aktif di malam hari. Pencahayaan tangki ikan saja sudah cukup untuk invertebrata ini.

Baca Juga:  Mengubah Aquascape Tawar Menjadi Aquarium Laut, Apa Bisa?

Sebagian besar perlengkapan akuarium menyertakan tangki, filter, dan lampu yang cukup untuk akuarium khusus ikan. Banyak dari kit ini sekarang dilengkapi penerangan yang sesuai untuk tangki terumbu karang dengan karang lunak. Akuarium mini / nano teratas termasuk kit yang memiliki pencahayaan memadai untuk jenis akuarium khusus ikan dan lainnya.

 

Ikan Dengan Batuan Live Rock

Batuan hidup digunakan sebagai dekorasi di banyak akuarium air laut. Sesuai dengan namanya, merupakan batuan karang yang mengandung organisme hidup, seperti polip dan alga. Akuarium FOWLR (Fish-Only With Live Rock) memiliki persyaratan pencahayaan yang lebih tinggi daripada tangki FO karena penghuni tangki lainnya membutuhkan peningkatan jumlah cahaya agar berfungsi.

Baca Juga:  Cara Setting Live Rocks di Akuarium Air laut untuk Hasil Optimal

Makroalga adalah contoh bagus dari sesuatu yang membutuhkan lebih banyak cahaya untuk tumbuh dengan baik. Kebanyakan aquarist air laut berusaha keras untuk mendapatkan tanaman alga coralline yang baik yang tumbuh di akuarium mereka. Spesies alga coralline yang berbeda tidak hanya menambah warna pada tangki, tetapi juga membuat tangki terlihat lebih seperti lautan. Pertumbuhan alga Coralline hampir seluruhnya bergantung pada cahaya yang disuplai untuk fotosintesis.

Meskipun pencahayaan fluoresen akan bekerja dengan baik untuk sebagian besar tangki FOWLR, Namun disarankan menggunakan lampu led karena biaya listrik akan jauh lebih rendah dan mempunyai keawetan lama. Penggunaan listrik yang lebih dengan lampu LED akan memenuhi kebutuhan dan menghemat uang dalam prosesnya.

Baca Juga:  Aquarium Laut, Panduan Dasar Membangun Aquarium Air Laut

 

Pencahayaan Aquarium Laut Tangki Karang

Tangki karang dengan terumbu karang, ikan, anemon, dan invertebrata lainnya memiliki persyaratan pencahayaan tertinggi untuk akuarium air asin. Karang yang berbeda memiliki kebutuhan pencahayaan yang berbeda pula. Beberapa karang lunak, seperti jamur dan zoanthid memiliki kebutuhan cahaya yang relatif rendah dibandingkan dengan beberapa karang keras (LPS & SPS), yang membutuhkan intensitas cahaya yang jauh lebih tinggi untuk tumbuh dan berkembang biak. Pencahayaan khusus diperlukan, tergantung pada spesies karang, untuk memastikan mereka berkembang dan tumbuh.

 

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.