Budidaya Ikan

Pengolahan Dasar Tambak untuk Ikan Budidaya

Teknik Pengolahan Tanah Dasar Tambak

Pengolahan dasar kolam/tambak dilakukan setelah pengeringan dasar kolam/tambak selesai dilakukan. Pengeringan dan penjemuran dasar kolam/tambak dapat dilakukan dengan bantuan sinar matahari atau dapat didukung dengan cara pembakaran sekam di dalam kolam/tambak pembesaran ikan.

Tujuan pembakaran sekam selain untuk mempercepat pengeringan terutama pada waktu musim hujan, yaitu untuk membunuh/mengusir hama penyakit yang bersembunyi pada lubang-lubang tanah, dan sebagai pupuk organik.

Proses pengeringan berlangsung kurang lebih selama 1 – 2 minggu (pada cuaca normal) dimana indikasi yang dapat dilihat sampai permukaan dasar kolam/tambak mulai retak-retak dan masih lembab tetapi jangan sampai tanah menjadi berdebu karena dapat mengurangi kesuburan tanah.

Tujuan Pengolahan dasar Tambak

Tujuan dari pengolahan dasar kolam/tambak adalah:

  • agar tanah dasar menjadi gembur sehingga memungkinkan aliran udara masuk ke sela-sela tanah, sehingga proses oksidasi dapat berlangsung dengan baik.
  • membunuh organisme patogen yang masih tertinggal di lapisan tanah bagian dalam.
  • Memperbaiki kondisi tekstur dan struktur tanah, sehingga tanah porous menjadi kedap air
  • Membuat dasar kolam atau pelataran tambak memiliki kemiringan ke pintu pengeluaran agar air mudah dikuras apabila waktu penggantian air atau pada waktu pengeringan kolam/tambak.
  • Menghilangkan atau mengurangi bahan-bahan kimia beracun dalam tanah akibat pembusukan dan penguraian (mineralisasi) unsur-unsur yang dapat mengganggu kehidupan ikan seperti Asam Belerang (H2S), Amonia (NH3), Nitrit (NO2 -), dan sebagainya.
  • Mengurangi volume lumpur pada dasar kolam/tambak, dimana hasil buangan lumpur bisa dipergunakan untuk menebalkan pematang kolam/tambak.
Baca Juga:  Panduan Budidaya Belut Lengkap Mulai Bibit Hingga Panen Raya

Pengolahan bisa dilakukan dengan menggunakan cangkul, bajak, dan mesin traktor. Untuk mengurangi kandungan bahan organik di dasar kolam/tambak, lapisan tanah dasar kolam/tambak dicangkul sedalam 5 – 10 cm dan lumpur diangkat kemudian dipindahkan ke pematang atau tempat lain di luar kolam/tambak.

Sistem pengangkatan lumpur pada dasar kolam/tambak ke pematang kolam/tambak dikenal dengan istilah “keduk teplok”, dimana lumpur dilapis secara merata pada pematang kolam/tambak sehingga pematang semakin tebal dan tambah kuat.

Pada saat pengolahan dasar kolam/tambak, dilakukan juga pengontrolan kondisi bagian-bagian kolam/tambak sekaligus perbaikannya apabila terdapat kerusakan-kerusakan seperti kebocoran pematang, kebocoran pintu pengeluaran dan pemasukan air, perbaikan caren, dan sebagainya.

Dengan pengolahan serta perbaikan seluruh bagian kolam/tambak, kondisi fisik dan biologi lingkungan kolam/tambak menjadi baik. Air masuk dan keluar menjadi lancar, tidak ada kebocoran kolam/tambak, mempermudah tindakan penanganan apabila kualitas air di dalam kolam/tambak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Nila, Panduan Lengkap Dari Pembenihan Hingga Panen Raya

Langkah Pengolahan Dasar Kolam Ikan

Langkah-langkah pengolahan dasar kolam/tambak ikan adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan jenis kolam/tambak yang digunakan untuk pembesaran ikan
  2. Siapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan untuk pembesaran ikan
  3. Keringkan kolam/tambak pembesaran ikan dengan menutup inlet membuka outlet kolam/tambak
  4. Gemburkan dasar kolam/tambak secara merata dengan cara mencangkul tanah dasar kolam/tambak sedalam 5 – 10 cm.
  5. Angkatlah lumpur pada dasar kolam/tambak dan ratakanlah ke pematang kolam/tambak (sistem keduk teplok)
  6. Lakukan pembuatan dan perbaikan terhadap bagian-bagian kolam/tambak yakni inlet dan outlet, caren serta pematang kolam/tambak
  7. Bersihkan hama dan binatang pengganggu yang bisa mempengaruhi proses budidaya.
  8. lakukan pengapuran untuk memperbaiki PH dan keasaman tanah
  9. Bersihkanlah peralatan yang telah digunakan, dan kembalikanlah ke tempatnya semula.
Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Gurame, Panduan Teknis Lengkap Hingga Panen
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.