Aquascape

Peralatan Aquascape Basic yang Wajib Dimiliki Aquascapper

Peralatan Wajib Aquascape Meliputi Pinset, Gunting, Scrapper

Peralatan Aquascape Basic yang Wajib Dimiliki oleh aquascaper. Hobi aquascape membawa banyak energi yang menyenangkan bahkan banyak para hobiist baru yang terus bermunculan. Aquascape selain membuat pikiran relax juga menuntut kreatifitas para pelakunya.

Untuk menghasilkan aquascape yang berkualitas diperlukan setting awal dan perawatan rutin. Setting dan Perawatan rutin tentu membutuhkan Peralatan Aquascape agar pekerjaan kita semakin mudah. Berikut ini adalah beberapa peralatan dasar yang seharusnya kita miliki. Saat ini alat-alat ini banyak merek dan jenisnya dengan rentang harga yang cukup terjangkau.

Peralatan aquascape: Pinset Aquascape

Pinset ini boleh dikatakan peralatan wajib, sebab untuk menanam tanaman dengan akurat dan teliti diperlukan pinset. Ada dua jenis pinset yang umum yaitu:

  • Pinset Lurus
  • Pinset Bengkok
Baca Juga:  Mengikat Moss Aquascape Pada Kayu Driftwood

saat proses penanaman sebaiknya menggunakan pinset, baik pinset bengkok ataupun pinset lurus. Manfaat utama dari penggunaan alat ini adalah kemudahan ketika melakukan penanaman di mana tanaman bisa dijumput dan hati-hati ditempatkan ke dalam substrat sehingga tanaman aquascape bisa ditanam dengan mudah, tidak gampang lepas, dan tidak makan banyak waktu dan tenaga.

Bukan hanya itu saja penggunaan pinset ini juga berguna untuk mengambil tanaman atau mengbersihkan puing-puing dari Akuarium Anda. Ukuran pinset yang umum mulai 27 cm dan ada yang 35 cm.

 

Gunting Aquascape

Gunting juga Peralatan Aquascape yang sangat efektif untuk mendukung pekerjaan trimming tanaman. Ada tiga jenis Gunting Aquascape yang beredar di pasaran yaitu:

  • Gunting Lurus
  • Gunting Ombak
  • Gunting Bengkok
Baca Juga:  Aquascape Low Tech, Tips Sukses Aquascape Tanpa Injeksi CO2

Gunting melengkung cenderung lebih populer dan digunakan ketika pemangkasan tanaman foreground. Bagian melengkung ini memungkinkan untuk memotong sudut yang lebih baik.

Gunting yang tersedia biasanya panjangnya sekitar 30 cm sehingga bisa digunakan untuk mencapai jarak yang baik dan sangat berguna jika Anda perlu untuk memangkas dasar dari setiap tanaman yang sulit dijangkau.

 

Peralatan Aquascape: Scrapper Substrat

Alat yang seperti spatula ini digunakan untuk menata kerikil dan substrat. Seringkali ketika tanaman dipindahkan atau memang ketika tanaman ditanam untuk pertama kalinya, substrat dapat terganggu. Sebuah sand scarper atau spatula bisa menata kembali baik berbentuk datar ataupun kontur gunung.

 

Pembersih Kaca Magnet

Pembersih kaca magnetik adalah alat yang sangat efesien digunakan untuk membersihkan alga yang menempel pada kaca akuarium. Alga dapat tumbuh dengan cepat pada kaca sehingga menggunakan pembersih magnet seminggu sekali bisa membuat kaca aquarium selalu terlihat bersih.

Baca Juga:  Pemupukan Pada Aquascape, Kapan Waktu yang Tepat?

pembersih kaca magnet

Alat ini terbagi menjadi dua bagian, satu sisi kasar dan halus di sisi lainnya. Sisi kasar di tempatkan di bagian dalam kaca aquarium dan sisi halus ditempelkan pada bagian luar. Tips saat membersihkan kaca menggunakan Pembersih kaca magnetic ini adalah pastikan tidak ada kerikil yang menempel di dalam karena hal ini bias membuat kaca menjadi tergores.

Selain alat diatas masih ada beberapa lis lagi yang bisa dijadikan alat bantu misalnya shipon elektrik agar mudah dalam membersihkan dasar akuarium. Selain itu juga mempermudah saat water change.

 

 

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.