Aquascape

PH Air Aquascape, Konsep Dasar dan Panduan PH yang Tepat

Berbagai jenis Parameter Air Aquascape

PH Air Aquascape, Konsep Dasar dan Panduan PH yang Tepat. Membangun aquascape yang berhasil dan sukses harus memperhatikan berbagai hal untuk menjaga parameter air. Diantaranya adalah Derajat keasaman air atau biasa disebut dengan PH.

pH (Power of Hydrogen) adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan. Ia didefinisikan sebagai kologaritma aktivitas ion hidrogen (H+) yang terlarut. Koefisien aktivitas ion hidrogen tidak dapat diukur secara eksperimental, sehingga nilainya didasarkan pada perhitungan teoretis. Skala pH bukanlah skala absolut. Ia bersifat relatif terhadap sekumpulan larutan standar yang pH-nya ditentukan berdasarkan persetujuan internasional.

 

 

PH dalam sistem air alami

Perubahan pH dari perubahan konsentrasi CO2 umum terjadi di banyakair alami. CO2 menumpuk dalam badan air alami semalaman karena dekomposisi organik. Begitu sinar matahari menerpa, tanaman mulai menguras sistem CO2.

Baca Juga:  Pencahayaan Aquascape, Menghitung Kebutuhan Lampu Aquascape

Perubahan pH hingga 1 titik penuh adalah umum di banyak danau dan sungai alami; ini biasanya berlangsung cukup cepat antara fajar dan siang hari. Baik ikan maupun tanaman tidak terpengaruh oleh perubahan ini.

 

PH (Per Hidrogen) dan KH (Kesadahan Karbonat)

PH merupakan suatu besaran untuk menunjukkan jumlah ion hidrogen (H+) di dalam air dan dinyatakan dengan minus logaritma. Misal pH 7 berarti jumlah hidrogen dalam airnya 0,0000001 bagian dari total larutan. Selisih satu angka pH menunjukkan perbedaan konsentrasi 10 kali lipatnya.

Jika air dengan pH 4 ingin dinaikkan menjadi pH 6 maka berarti memiliki selisih dua angka. Itu berarti harus dinaikkan 10 X 10 = 100 kali lipat. berarti konsentrasi hidrogen di dalam larutan harus naik menjadi 100 kalinya.

table PH aquascape

Besaran pH terdiri antara 0 (sangat asam) sampai 14 (sangat basa). Ukuran pH 0 sampai 6 disebut sebagai pH asam sedangkan ukuran pH 8 – 14 disebut sebagai pH basa. pH netral berada pada pH 7 yang berarti kadar asam dan basa di dalam cairan seimbang. Tinggi rendahnya pH sangat berhubungan dengan alkalinitas air. Apabila alkalinitasnya tinggi maka air akan mampu mengembalikan pH-nya seperti nilai pH semula.

Baca Juga:  Ukuran PAR (Radiasi Aktif Fotosintesis) dalam Pencahayaan Aquascape

Kesadahan karbonat (KH) merupakan besaran dalam menunjukkan jumlah ion bikarbonat (HCO3-) dan karbonat (CO3-) dalam air. Karbon dioksida (CO2) dalam air akan berubah menjadi asam karbonat. Pada akuarium air tawar ion bikarbonat akan lebih banyak sedangkan pada akuarium air laut ion karbonat akan lebih kuat. KH sering disebut dengan alkalinitas yaitu kemampuan air dalam mengikat kemasaman (ion-ion yang mampu mengikat H+).

Penurunan pH dapat dilakukan dengan memperhatikan nilai KH terlebih dahulu. Apabila KH terlalu tinggi, turunkan jumlah KH terlebih dahulu. Penurunan jumlah KH akan diikuti dengan penurunan nilai pH air. Jika Anda ingin menurunkan pH tapi KH masih dalam jumlah yang baik (6-12) , menunjukkan proses keseimbangan yang ada sangat buruk.

Baca Juga:  Aquarium Nano, Aquascape dalam Ekosistem Mini dan Seimbang

tabel hungun PH dan KH

Penurunan pH biasanya dilakukan dengan melewatkan air pada gambut. Anda juga dapat mengganti air dengan air yang memiliki kesadahan renda seperti air yang telah direbus, air hujan, air yang mengandung ion, dan air yang telah disuling. Selain itu penambahan bogwood (kayu yang dapat menyerap kesadahan) dalam akuarium juga dapat menurunkan pH.

Menaikkan pH dapat dilakukan dengan cara aerasi. Aerasi merupakan cara yang dilakukan dengan melewatkan air melalui pecahan koral, pecahan kulit kerang, dan potongan batu kapur untuk menaikkan pH air. Bisa juga dengan penambahan dekorasi berbahan dasar baru kapur, seperti koral, pada akuarium.

 

 

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.