Tanaman

Pogostemon erectus, Tanaman favorit Background Aquascape

Pogostemon erectus, Tanaman favorit Background Aquascape. Pogostemon erectus berasal dari India membentuk kelompok kompak hijau terang, batang seperti konifer, tinggi 15-40 cm dan lebar 1-3 cm.

Pogostemon erectus cocok sebagai tanaman latar dan menciptakan titik fokus yang indah baik dalam kelompok yang lebih kecil maupun yang lebih besar. Cahaya yang intens membantu tanaman agar tetap kompak untuk periode yang lebih lama.

Termasuk tanaman Stem dengan pertumbuhan moderat dan akar yang kuat. Tanaman akan perlu sering dipangkas, karena pertumbuhannya yang cepat.

 

Plant info

Type: Stem
Origin: Asia
Country or continent where a plant is the most common. Cultivars arise or are bred in cultivation.
Growth rate: Medium
Growth rate of the plant compared to other aquatic plants.
Height: 15 – 30+
Average height (cm) of the plant after two months in the tank.
Light demand: Medium
The average or medium light demand of an aquarium plant is 0,5 W/L.
CO2 : Medium
A medium need in CO2 is 6-14 mg/L. A high demand in CO2 is approx. 15-25 mg/L.
Baca Juga:  Lobelia Cardinalis, Tanaman Klasik untuk Tema Dutch Style

 

Pogostemon erectus, spesies dari India, sangat berbeda dari spesies Pogostemon standar dalam hobi akuarium. Tanaman ini keliru diimpor sebagai Rotala verticillaris, dan kemudian diidentifikasi dengan benar melalui bunganya.

Daun sempit seperti jarum hijau muda tumbuh padat di batang. Tanaman ini sangat indah ketika ditanam dalam kelompok padat di tengah atau latar belakang. Ketika diberikan cahaya yang baik (setidaknya 0,5 W / liter), penambahan CO2 dan pemupukan teratur, Pogostemon ini tidak terlalu sulit dalam budidaya. Ketika dibudidayakan muncul, paku bunga seperti lilin yang indah dengan bau khas akan terbentuk ketika tanaman mendapat cukup cahaya.

pogostemon erectus di aquarium

Pogostemon erectus pada awalnya dikumpulkan untuk tujuan aquaristik di negara bagian India barat Maharashtra, dan itu disajikan dengan nama erron “Rotala verticillaris”. Selama tahun-tahun terakhir ini telah digunakan di banyak akuarium – terutama di Amerika Serikat, tetapi semakin banyak di Eropa juga. Pada pandangan pertama, kelihatannya mirip dengan Rotala verticillaris dan beberapa varietas R. mexicana, namun, pertumbuhannya yang berbeda berbeda dari keduanya oleh kebiasaan pertumbuhannya yang lebih tegak lurus dan dimensi keseluruhan yang lebih besar.

Baca Juga:  Tonina Fluviatilis, Tanaman Stem Aquascape Tropis yang Keren

Bentuk emersinya membuat perbedaan lebih jelas: sedangkan R. verticillaris dan R. mexicana, keduanya milik keluarga Lythraceae, memiliki bunga yang agak tidak mencolok duduk di kapak daun, Pogostemon erectus, dari keluarga Lamiaceae, menunjukkan paku-paku bunga dekoratif yang sangat berbeda, paku bunga hias dengan bunga ungu, sangat mirip dengan spesies Pogostemon lainnya yang dikenal. Selain itu, Pogostemon erectus emersed memiliki daun dengan seluruh margin membungkuk.

Bentuknya mengingatkan jarum pinus. Selain itu, ia memiliki rambut yang terlihat jelas pada stamina. Itu tidak pernah ditemukan di anggota keluarga Lythraceae. Selain itu, wilayah distribusi kedua spesies tidak tumpang tindih: Pogostemon erectus ditemukan di sisi barat daya semenanjung India, sedangkan Rotala verticillaris tumbuh di sisi tenggara dan di Sri Lanka.

 

Perawatan Pogostemon erectus

Pogostemon erectus mungkin tidak cocok untuk tangki tanpa perawatan rendah tanpa filter, namun tidak terlalu menuntut dan tidak akan layu jika dilengkapi dengan banyak cahaya dan CO2. Di alam, tanaman ini juga ditemukan di daerah payau, dan mungkin lebih mudah beradaptasi daripada yang diperkirakan sampai sekarang. Perbedaan yang relatif kecil dalam kondisi pertumbuhan dapat menyebabkan ketebalan dan tekstur daun yang bervariasi.

Baca Juga:  Membersihkan Anubias dari Alga Metode Pencucian dengan Pemutih

Dalam aquascaping, spesies ini paling baik digunakan di latar akuarium. Hanya dalam tangki yang sangat besar dapat digunakan lebih jauh ke depan. Jika disediakan dengan nitrogen terbatas, ia akan mengembangkan tingkat pertumbuhan yang moderat, yang lebih mudah ditangani, jika pasokan nitrogen terlalu tinggi akan tumbuh sangat, sangat cepat.

Dedaunan hijau terang yang halus terutama efektif untuk tanaman merah atau magenta di sekitarnya, seperti Persicaria praetermissa. Ketika ujung tunas dipotong, banyak tunas lateral terbentuk, sehingga kelompok tumbuh sangat padat setelah beberapa waktu. Kemudian pemangkasan menyeluruh menjadi suatu keharusan.

 

Harga Pogostemon erectus

Di Indonesia Pogostemon erectus banyak sekali dijual di toko online dan mudah ditemukan di berbagai toko aquascape. Secara umum harganya cukup murah Mulai Rp. 8000 – Rp. 35.000 tergantung jumlah ukuran dan perawatannya.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.