Alat

Regulator CO2, Fungsi dan Panduan Membeli Regulator CO2

Tips Membeli Regulator CO2 dan Harga Regulator CO2 di Pasaran

Regulator CO2 adalah komponen penting dari sistem CO2 aquascape, berfungsi untuk mengatur jumlah CO2 yang masuk ke akuarium. Secara umum, tanaman di akuarium akan berkembang dengan baik ketika tingkat konsentrasi CO2 di akuarium adalah sekitar 10 hingga 15 bagian per juta (ppm).

Meskipun tanaman mendapatkan kadar CO2 tertentu ketika terdapat ikan di dalam tangki yang Anda tanam (karena ikan menghembuskannya ketika mereka menghirup oksigen melalui insang mereka), itu tidak cukup untuk tanaman. Apalagi jika ingin tanaman umbuh dengan baik, itu saja.

Dampak kekurangan CO2 Pada Tanaman

  • Tanaman akan menunjukkan pertumbuhan terhambat, dan daun dan batangnya akan berubah pucat.
  • Endapan seperti kapur juga dapat ditemukan pada daun tanaman.
  • Ketika karbon dioksida larut, itu berubah menjadi asam karbonat dalam air. Tetapi jika Anda tidak memiliki cukup CO2, Anda akan mendapatkan peningkatan level pH. Lingkungan pH semacam ini dapat membuat tanaman dan ikan lebih rentan terhadap penyakit.
  • Penurunan kadar CO2 juga dapat menyebabkan pertumbuhan alga, dan pada gilirannya dapat menyebabkan masalah seperti keracunan amonia.
Baca Juga:  Lampu UV Aquarium Laut, Fungsi dan Cara Pakainya

Perhatikan,  Terlalu banyak CO2 yang larut dapat menyebabkan kerusakan pada ikan dan invertebrata lain di dalam tangki Anda. Jadi, Anda harus mempertahankan level kurang dari 30 ppm. Ikan menghirup oksigen bukan CO2 jadi perhatikan kadar CO2 jika ingin ikan sehat.

 

Panduan Membeli Regulator CO2

Regulator adalah bagian dari sistem Co2 dan fungsinya adalah menentukan tekanan untuk output CO2 yang kita inginkan. Jadi satu faktor yang perlu Anda pertimbangkan adalah:

  • Akurasi, pastikan membeli regulator yang bisa diatur dengan tepat dan akurat.
  • Kemudahan penggunaan, Membeli regulator yang simple dan mudah diaplikasikan pada tabung CO2.
  • Daya tahan, materal regulator CO2 termasuk bodi dan karet-karet didalamnya haruslah mempunyai kualitas tinggi dengan masa pakai yang lama minimal 5 tahun.
  • Merek, Ada banyak merek yang beredar di pasaran namun terdapat beberapa merek yang benar-benar sudah teruji dipasran dan mempunyai review yang positif.
Baca Juga:  Akuarium Kaca Vs Akrilik, Mana yang Paling Bagus Buat Aquascape?

 

Harga Regulator CO2

Regulator CO2 dipasaran hadir dengan berbagai merek dan kualitas. Hal ini mempengaruhi harga jual namun jika di rata-rata harga regulator berada dikisaran Rp. 200.000-3.00.000 untuk kualitas medium. Regulator dengan kualitas tinggi mempunyai harga diatas Rp. 400.000 – Rp. 1.500.000.

Regulator CO2 memegang peranan kunci untuk asupan karbon aquascape. Pilihlah regulator dengan tingkat presisi tinggi. Presisi tinggi selain bermanfaat untuk tanaman juga bisa menghemat isi tabung Co2.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.