Tanaman

Staurogyne Repens Tanaman Karpet yang Hijau dan Segar

Harga Staurogyne Repens Berbagai ukuran

Staurogyne repens adalah tanaman hijau segar, padat dan tangguh untuk latar depan akuarium dan ditemukan di Sungai Rio Cristalino di Amazonas selatan.

Kerabat terdekatnya dalam aquaristic adalah Hygrophila tetapi Staurogyne berbeda dengan perawakannya yang padat, rendah dan lebat (5-10 cm) dan daun hijau kecil (masing-masing batang selebar 3,4 cm).

Selama penanaman di akuarium, tunas tegak terpanjang harus dipotong dan tunas merayap horizontal baru akan segera terbentuk dari dasar tanaman dan secara bertahap menjajah kerikil.

Info Tanaman Staurogyne repens

Type: Stem
Origin: South America
Country or continent where a plant is the most common. Cultivars arise or are bred in cultivation.
Growth rate: Medium
Growth rate of the plant compared to other aquatic plants.
Height: 3 – 10+
Average height (cm) of the plant after two months in the tank.
Light demand:
The average or medium light demand of an aquarium plant is 0,5 W/L.
CO2 :
A medium need in CO2 is 6-14 mg/L. A high demand in CO2 is approx. 15-25 mg/L.
Baca Juga:  Cardamine Lyrata Tanaman Aquascape yang Rimbun

Cara Menanam Staurogyne Repens

Pertama Kali menanan tanaman ini di Akuarium jangan tambahkan terlalu banyak batang. Mulailah dengan hanya beberapa, lalu tambahkan lagi nanti ketika masih banyak ruang yang tersisa.

Jumlah yang ditananm sebaiknya tergantung pada ukuran akuarium. Idealnya satu batang untuk setiap 2-3 galon. Ingat spesies ini membentuk karpet, jadi pertumbuhannya akan merabat, potong jika terlalu tinggi.

Tanam setiap batang lebih dari 1 cm ke dalam sedimen. Ini menyisakan ruang bagi akar untuk tumbuh sementara cukup dalam untuk menahannya.

Substrat harus memiliki butiran kecil, sehingga akar dapat tumbuh di antaranya. Jika ditanam di dekat dekorasi atau batu yang terkubur, akarnya mungkin mulai melekat dan tumbuh di sekitarnya. Ini akan jadi masalah jika kita ingin memindahkan dekorasi nanti.

Baca Juga:  Hygrophila Pinnatifida Tanaman Aquascape Endemik dari India

Setelah beberapa minggu, batangnya akan mulai melambat saat mereka mulai mencapai ketinggian penuh. Akar akan terjerat dengan batang terdekat lainnya, dan mungkin juga tumbuh dari substrat.

 

Pemangkasan dan Perawatan

Jaga air tetap jernih untuk membantu cahaya menembus level bawah tangki. Perubahan air secara teratur akan membantu menjaga air tetap jernih.

Jika Staurogyne repens terus tumbuh dengan baik jangan ragu untuk segera memangkasnya agar akarnya tumbuh menyamping.

Staurogyne repens umumnya tanaman yang tumbuh lambat, jadi perawatannya tidak terlalu tinggi. Batang dapat tumbuh pada tingkat yang berbeda, sehingga harus memotong lebih cepat untuk menciptakan tampilan karpet.

Ada suplemen yang bisa Anda tambahkan ke dalam air jika beberapa spesimen terlihat sedikit tidak sehat; mungkin layu atau kehilangan warna. suplemen bisa berupa pupuk cair atau substrat kaya nutrisi.

Baca Juga:  Bacopa Australis, Tipe Tanaman dan Metode Perawatannya

Menambahkan karbon dioksida ke dalam tangki juga membantu tanaman tumbuh, tetapi pastikan tidak menambahkan terlalu banyak karena ini dapat membahayakan ikan.

 

Harga Staurogyne Repens

Tanaman ini banyak dijual per cup dengan harga yang cukup bervariasi, umumnya harga per cup Rp. 10.000 – 20.000 tergantung penjual. per cup bisa berisi 4-5 tanaman yang bisa digunakan untuk aquascape.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.