Aquarium Laut

Suhu Akuarium Air Laut yang Ideal Agar Karang dan Ikan Sehat

Suhu Air yang Sesuai untuk Akuarium air Laut

Suhu Akuarium Air Laut yang Ideal Agar Karang dan Ikan Sehat. Banyak aquarists bertanya: Berapa suhu  akuarium air laut yang tepat? Sayangnya, tidak ada jawaban yang sederhana dan lugas untuk pertanyaan ini. Pilihan suhu di akuarium bisa sangat beragam sesuai kondisi wilayah.

Beberapa aquarists merasa bahwa menjaga suhu akuarium antara 23-25 derajat Celcius adalah yang terbaik, beberapa mengatakan 24-26 derajat. Yang lain merasa bahwa beberapa karang dan ikan, yang berasal dari perairan tropis yang hangat, hidup lebih baik pada suhu sekitar 26-29 derajat, atau lebih tinggi. Beberapa invertebrata bahkan akan tumbuh lebih baik pada suhu air yang lebih dingin.

Dalam artikel majalah online Ronald Shimek di Aquarium Frontier, “What are Natural Reef Salinities and Temperatures…Really…and Does It Matter?” Dia menekankan bahwa karang yang Anda miliki di tangki berasal dari berbagai suhu air laut yang berkisar dari 22 derajat hingga sekitar 33,2 derajat.

Dia menyatakan bahwa “Memelihara tangki di kisaran atas 70 derajat Fahrenheit (24 hingga 26 derajat Celcius) akan menekan setiap penghuni terumbu dari Indo-Pasifik tengah, karena terlalu dingin. Dan, karena ini mendekati batas atas untuk subtropis. organisme, itu akan membuat mereka stres juga. Akan lebih baik bagi semua pihak jika aquarists memusatkan upaya mereka pada pemeliharaan sistem terpisah untuk organisme dari wilayah yang berbeda secara geografis. ” Mengetahui jenis hewan yang Anda miliki dan dari mana mereka berasal memainkan peran penting dalam menentukan suhu akuarium terbaik.

Baca Juga:  Cara Setting Live Rocks di Akuarium Air laut untuk Hasil Optimal

Menanggapi artikel Ronald, Richard Harker menyatakan dalam artikelnya “Reef Tank Temperatures–Another View”, “Seorang penghobi yang memutuskan untuk menaikkan suhu tangkinya perlu memastikan bahwa itu adalah akuarium yang stabil dengan karang yang sehat, tidak ada tanda-tanda ganggang dan memiliki peralatan yang diperlukan untuk menghilangkan peningkatan produk limbah secara efisien.

Dalam kondisi seperti ini, akan aman untuk meningkatkan suhu tangki. ” Namun, dia merasa bahwa daripada mencoba menjalankan suhu tinggi, Anda harus mencapai suhu yang ideal sekitar 26 derajat. Dia lebih lanjut menyatakan bahwa “Suhu ini memberikan keamanan terbesar bagi penghobi, karena karang telah terbukti tumbuh subur pada suhu ini.”

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan pada Suhu Akuarium Laut

Faktor penting lainnya yang perlu diingat jika memutuskan untuk menjalankan akuarium laut pada suhu yang lebih tinggi adalah:

  • Dalam sistem tertutup, mungkin ada kelebihan limbah metabolik yang harus ditangani. Jika limbah berlebih ini tidak dibuang dengan benar, dengan suhu akuarium yang tinggi, hal ini dapat menyebabkan masalah seperti pertumbuhan alga yang tidak terkendali dan penyakit ikan atau karang yang tumbuh subur dalam kondisi yang lebih hangat. Di perairan laut terbuka, terdapat banyak organisme laut dan arus untuk mengendalikan masalah ini.
  • Air yang lebih hangat menyebabkan kekurangan oksigen terlarut di dalam air. Hilangnya oksigen terlarut dapat mencekik dan membunuh penghuni akuarium laut jauh lebih cepat. Namun, pergerakan air yang baik dan permukaan yang cukup serta aerasi tangki dapat mengendalikan masalah ini.
  • Perubahan suhu yang cepat atau drastis dapat memiliki efek yang sangat merugikan pada alga zooxanthellae, yang penting untuk menyediakan nutrisi bagi sebagian besar karang. Perubahan suhu dapat memaksa zooxanthellae untuk meninggalkan karang, mengakibatkan pemutihan karang dan akhirnya matinya karang.
Baca Juga:  Aquarium Laut, Panduan Dasar Membangun Aquarium Air Laut

Opini tentang suhu akuarium air laut yang optimal memang masih beragam. Namun, konsensus utama tampaknya adalah bahwa setiap hewan yang terpapar suhu air yang berubah dengan cepat akan mengalami stres dan mungkin mati, tetapi dengan aklimatisasi bertahap, hewan adalah makhluk luar biasa dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Cobalah untuk menjaga suhu air akuarium Anda dalam kisaran yang di lingkungan alaminya.

Suhu yang lebih tinggi dapat menimbulkan masalah bagi beberapa penghuni akuarium laut, tetapi suhu tangki yang terus berubah dalam derajat yang terlalu tinggi atau rendah dalam waktu singkat tampaknya lebih merupakan ancaman.

Jika Anda mengalami masalah ekstrim suhu yang terus berfluktuasi yang bervariasi setiap hari sebesar empat derajat atau lebih, naik atau turun, salah satu solusi pertama adalah menambahkan pemanas akuarium yang dikendalikan secara termostatis, yang akan menjaga tangki agar tidak terlalu dingin. Jika tangki selalu terlalu hangat, pendingin akuarium juga diperlukan. Pendingin memungkinkan Anda menurunkan suhu yang lebih hangat dan menjaganya pada pengaturan yang tepat setiap saat, yang tampaknya menjadi faktor terpenting.

Baca Juga:  Cara Budidaya Karang Akuarium Laut di Rumah dengan Cepat
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.