Aquascape

Suhu Aquascape, Pentingnya Monitoring Temperatur Aquascape

Tips Menjaga Suhu Aquascape Tetap Dingin

Suhu Aquascape, Pentingnya Monitoring Temperatur Aquascape. Suhu aquascape yang terlalu tinggi membuat problem pada flora dan fauna aquascape. Peningkatan suhu berpotensi mengurangi kadar oksigen aquarium yang membahayakan biota dan tanaman. Meskipun tanaman menggunakan CO2 untuk fotosintesis, tanaman juga membutuhkan oksigen terutama pada malam hari.

Secara umum, masalah kelangkaan oksigen di dalam air muncul dengan meningkatnya suhu. Karena kelarutan oksigen air berkurang ketika dipanaskan. Banyak ikan dan invertebrata memiliki lebih banyak masalah dengan kekurangan oksigen daripada panas! Karena air akuarium lebih dingin di permukaan karena arus permukaan, saturasi O2 berada di titik tertinggi di sana.

Inilah sebabnya mengapa kelangkaan oksigen dapat dikenali oleh ikan yang terengah-engah di permukaan. Laju pernapasan mereka (dan karenanya gerakan insang) meningkat pesat. Udang juga akan mencoba untuk mencapai daerah yang lebih tinggi dari tangki dengan memanjat tanaman dan hardscape, sedangkan crawfish hanya tinggal di tempat mereka dan perlahan-lahan mati karena kekurangan oksigen. Kekurangan O2 mungkin berdampak pada udang dalam bentuk molting yang gagal dan peningkatan kerentanan terhadap penyakit.

Baca Juga:  Aquascape Biotope, Membangun Aquarium Mendekati Habitat Aslinya

Memonitor Suhu

Tentu saja akuarium harus dilengkapi dengan termometer yang sesuai. Dengan cara ini, aquarist akan selalu tahu apakah suhu air dalam kisaran optimal dan tidak fluktuatif ke atas atau ke bawah. Usahakan suhu akurium berada pada kisaran 24-27 Celcius, terutama jika kita banyak memelihara udang hias. Jika Anda sudah dapat mengamati perilaku yang dijelaskan di atas (ketidaknyamanan hewan Anda yang terlihat), Anda harus melakukan tindakan pencegahan lebih awal jika perlu.

 

Menjaga Suhu Aquascape Saat Udara Panas

Pada musim kemarau shu udara didalam rumah bisa meningkat drastis terutama jika tidak terdapat AC di dalamnya. untuk menjaga agar suhu aquascape tetap dingin bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Membuka cover Akuarium
Baca Juga:  Carbon Cair untuk Aquascape, Apakah Bermanfaat untuk Tanaman?

Pada beberapa akuarium pabrikan terdapat cover atau penutup akuarium. Penutup ini biasanya dilengkapi dengan lampu. Jika Suhu terlalu panas sebaiknya buka penutup akuarium.

  • Penambahan Es batu

cara ini hanya efektif untuk akuarium nano sebab ukuran yang kecil bisa cepat menjadi dingin. Namun harus diperhatikan metode ini tidak bisa berlangsung lama karena suhu cepat naik lagi.

  • Meletakan di ruang Ber Ac

Ini merupakan cara yang paling mudah. Namun sayangnya tidak semua rumah memiliki AC selain tiu, tagihan listrik akan cukup besar.

  • Menambahkan Cooling Fan

Menambahkan kipas pendingin cukup efektif untuk menjaga suhu aquarium agar tetap dingin. Selain itu fan pada akuarium juga cukup hemat daya.

Baca Juga:  Driftwood Membuat Aquascape Semakin Natural dan Atraktif

Melakukan penggantian air hingga 50% cukup efektif untuk mendinginkan akuarium. Namun proses water change juga harus diperhatikan tentu tidak bisa tiap hari WC, minimal seminggu sekali.

  • Mengurangi intensitas Lampu

Sbenarnya pada saat ini penggunaan lampu LED tidak terlalu memancarkan panas pada akurium. Berbeda jika menggunakan lampu TL atau lampu pijar. Namun mengurangi intensitas cahaya atau mematikan lampu sementara akan cukup efektif untuk mengurangi suhu aquascape.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.