AquascapeTanaman

Tanaman Aquascape In Vitro Tissue Culture, Pengenalan Dasar

Mengenal Tanaman Aquascape Kultur Jaringan

Tanaman Aquascape In Vitro Tissue Culture, Pengenalan Dasar. Diluar negeri banyak dijual tanaman aquascape didalam toples kecil atau cup yang tertutup rapat. itulah tanaman aquascape in vitro, karena dikembangkan didalam wadah yang steril dengan perlakukan laboratorium.

Istilah in vitro adalah bahasa Latin dan berarti “di dalam gelas”. Dari sudut pandang ilmiah, ini menggambarkan proses apa pun yang terjadi di luar organisme hidup (yang akan in vivo). Untuk jenis eksperimen atau budidaya ini, lingkungan buatan dibuat, misalnya. dalam cawan petri atau tabung reaksi.

Budidaya tanaman secara in-vitro berarti, bahwa sel-sel individu atau bagian-bagian tanaman dibudidayakan pada media nutrisi dalam kondisi laboratorium yang steril. Dengan menambahkan zat pengatur tumbuh tertentu seperti fitohormon, tanaman baru dan utuh dapat dihasilkan dari potongan kecil bahkan sel.

Baca Juga:  Anubias Coffeefolia, Tanaman Aquascape yang Kokoh dan Menawan

tanaman in vitro dapat berfungsi sebagai bahan mentah untuk perbanyakan lebih lanjut, atau dapat dikirim ke pembibitan dan pelanggan untuk penanaman lebih lanjut dalam kondisi biasa ..

Dibandingkan dengan metode perbanyakan klasik, kultur in vitro menawarkan berbagai keuntungan. Misalnya, tingkat perbanyakan secara signifikan lebih tinggi dan biakan bebas dari pestisida dan organisme asing yang tidak diinginkan seperti parasit, patogen, siput, planaria, larva serangga, alga dan “gulma” yang mengganggu seperti rumput bebek.

Keuntungan Perbanyakan tanaman Aquascape In Vitro

Kelebihan dari kultur jaringan Ialah sebagai berikut :

  1. Tanaman yang dihasilkan persis seperti induk
    Karena tanaman yang merupakan hasil kegiatan kultur jaringan ini akan memiliki sifat, size (ukuran), bahkan warna nya pun sama dengan tanaman inti atau tanaman induknya.
  2. Tanaman akan dihasilkan lebih cepat
    Tanaman hasil dari kultur jaringan ternilai lebih cepat dibanding harus menunggu proses pertumbuhan secara murni (vegetatif).
  3. Tanaman yang dihasilkan cenderung langka
    Hal ini dapat diakibatkan karena ada beberapa benih yang tak dapat tumbuh secara vegetatif atau murni, melainkan harus melalui kultur jaringan, dan inilah yang menyebabkan tanaman hasil kultur jaringan menjadi langka dikarenakan tidak semua orang bisa memilikinya.
  4. Kualitas hasil tanaman dapat kita tentukan
  5. Hal ini menjadi keuntungan yang paling menguntungkan menurut saya, karena proses kultur jaringan membuat kita dapat menentukan hasil seperti apa yang kita inginkan, misalnya saya beri contoh kita menginginkan buah apel yang berwarna hijau, yang berukuran sedang dengan rasa yang manis, atau kita menginginkan mangga berwarna hijauĀ  yang berukuran besar tapi memiliki rasa yang manis dan lain sebagainya.
Baca Juga:  Bacopa Monnieri Tanaman Aquascape Berkhasiat Herbal Kuat

keuntungan lain dari tanaman aquascape in vitro adalah bebas dari penyakit, bakteri, dan algae. Sehingga untuk setting awal aquascape akan cepat stabil dan relatif aman dari algae. Selain itu metode in vitro bisa mepercepat pengembangan tanaman yang pertumbuhannya lambat seperti anubias.

Tapi tanaman in vitro bukan berarti tanpa kendala, pada artikel yang lain akan kita bahas kendala apa saja yang dihadapi oleh tanaman aquascape in vitro.

Incoming search terms:

anubias kultur jaringan
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.