Aquascape

Tanaman Foreground, Midground and Background dalam Aquascape

mengenal tanaman Foreground, Midground, dan Background

Tanaman Foreground, Midground and Background dalam Komposisi Aquascape. Mengatur tata letak tanaman dan hardscape sangat penting untuk membentuk ekosistem aquascape yang menarik dan enak dipandang. Jika Kalian meletakkan batu dan tanaman tertinggi tepat di depan tangki, kita tidak akan dapat melihat yang lain.

Jadi hal-hal yang tinggi harus ada di belakang, hal-hal pendek di depan dan tengah adalah yang tinginya diantara keduanya.

Penataan tanaman yang tepat bukan sekedar menghilangkan penghalang pandangan namun membantu menciptakan ilusi kedalaman yang membuat tangki Kalian terlihat lebih besar.


Jadi pastikan Anda mengikuti prinsip-prinsip dasar ini:

  • Latar depan (Foreground) – gunakan tanaman dan batu terpendek. Di sinilah Kamu akan meletakkan benda-benda seperti batu kecil atau tanaman karpet yang tumbuh rendah.
  • Latar tengah (Midground) – ini adalah tempat tanaman ketinggian dan hardscape seharusnya berada. Boleh saja menempatkan titik fokus yang lebih tinggi di perbatasan tengah dan latar belakang jika diperlukan.
  • Latar belakang (Background) – ini adalah tempat tanaman tertinggi dan hardscape kalian harus diletakkan. Ini adalah tempat yang bagus untuk tanaman batang tinggi atau potongan kayu apung yang sangat tinggi.
Baca Juga:  Aquascape Biotope, Membangun Aquarium Mendekati Habitat Aslinya

 

Memilih Tanaman Foreground, Midground and Background

Memilih tanaman Foreground dan background bisa rumit dan membutuhkan banyak penelitian. Faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih tanaman:

  • Ukuran tangki – Kita harus tahu seberapa besar tanaman yang akan didapat sebelum menempatkannya di tangki. Perlu diingat, saat membeli tanaman, banyak yang sangat muda dan mungkin tumbuh jauh lebih besar. Sesuatu seperti Amazon Sword dapat dengan mudah melampaui ketinggian hingga 30 cm.
  • Gaya aquascape – jika mencari gaya aquascape tertentu, seperti Iwagumi atau hutan, memilih spesies tanaman yang tepat sangat penting untuk melakukan penampilan yang benar. Tanaman berdaun lebar disukai untuk hutan, tanaman karpet kecil untuk Iwagumi, berbagai tanaman karpet dan batang baik untuk akuarium alami dan berbagai macam warna dan tekstur digunakan dalam gaya Belanda.
  • Penempatan dalam tangki – mengetahui ke mana tanaman akan tumbuh sangat penting. Sesuatu yang tinggi, seperti Jungle val, harus berada di latar belakang dan tanaman karpet pendek seperti baby tear, Montercarlo harus berada di latar depan.
  • Tuntutan tanaman – seperti halnya spesies ikan yang berbeda, tanaman akuarium memiliki persyaratan yang beragam. Beberapa, seperti Java Moss atau anubia, tumbuh subur dengan pencahayaan yang rendah. Sementara jenis rotala membutuhkan cahaya tinggi.
Baca Juga:  Pemupukan Pada Aquascape, Kapan Waktu yang Tepat?
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.