Tips & Trick

Inilah 5 Tips Memilih Akuarium yang Harus Anda Ketahui

Jika mendengar kata akuarium, pasti yang ada di benak kita adalah tempat tinggal ikan. Ada banyak model akuarium yang dijual di toko-toko ikan dengan berbagai bentuk, ukuran, dan juga harga. Ada yang bahkan dijual dengan harga yang sangat mahal namun sesuai dengan kualitas akuarium tersebut. Dalam memilih akuarium, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Memilih akuarium yang salah hanya akan membuat ikan tidak betah dan stress sehingga bisa mengganggu tumbuh dan kembang ikan tersebut. Maka dari itu, di bawah ini kami akan membagikan beberapa tips memilih akuarium yang benar.

Tips Memilih Akuarium yang Benar

tips memilih akuarium

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Tips memilih akuarium yang pertama adalah Anda harus memilih lokasi yang pas. Maksudnya, Anda letakkan akuarium di tempat yang sekiranya Anda bisa melihatnya setiap hari. Jangan letakkan akuarium di tempat yang tidak sering dapat perhatian Anda. Dengan begitu, Anda bisa melihat dan mengontrolnya setiap hari.

Baca Juga:  Aquascape Low Tech, Tips Sukses Aquascape Tanpa Injeksi CO2

2. Jarak dengan Sumber Listrik Tidak Terlalu Jauh

Tips kedua yaitu pastikan bahwa jarak antara sumber listrik dengan akuarium tidak terlalu jauh. Hal ini lebih efektif karena Anda tidak harus menyiapkan kabel tambahan yang malah berpotensi mengakibatkan korsleting listrik. Idealnya sambungannya jangan sampai melebihi tiga titik.

3. Pilih Ukuran yang Sesuai

Karena akuarium merupakan tempat tinggal ikan, maka Anda harus selalu memperhatikan kenyamanannya. Pilihlah akuarium yang memiliki ukuran yang cukup dengan ikan hias yang akan Anda masukkan. Pastikan bahwa ukuran akuarium tidak menghalangi aksesoris yang akan dipasang. Selain itu, akuarium yang bagus adalah akuarium yang memiliki vertilasi yang cukup.

Hal ini berguna untuk membantu di dalam pertumbuhan bakteri yang menguntungkan serta mencegah suhu yang terlalu panas yang bisa menyebabkan mengganggu kesehatan ikan hias Anda. Selain itu, Anda juga perlu memberi tutup di bagian untuk dengan tujuan menjaga kelembapan serta mencegah terjadinya penguapan air secara berlebih.

Baca Juga:  Cara Merawat Ikan Hias yang Baik dan Benar Agar Tidak Mati

4. Perhatikan Kemampuan Permukaan Lantai

Bagi Anda yang memilih akuarium berukuran besar, kami menyarankan Anda mencari akuarium tersebut bersama orang lain yang profesional. Hal ini bertujuan memastikan agar tebal kaca, dinding, maupun lantai mampu menahan beban. Ketika Anda sudah tahu luas dan beban yang bisa ditopang lantai atau meja atau penyangga akuarium, baru Anda bisa menentukan ukuran maksimal yang akan Anda pilih.

5. Memilih Bahan

Tips memilih akuarium yang terakhir adalah menentukan bahan. Kami menyarankan Anda mempertimbangkan akuarium dari bahan kaca atau akrilik. Jika Anda merupakan orang yang biasanya berpindah tempat, maka pilihlah akuarium dari bahan ringan. Untuk tempat atau daerah yang rawan gempa, bahan akrilik merupakan pilihan yang bagus.

Baca Juga:  5 Tips Merawat Ikan Louhan Agar Warnanya Tetap Bagus

Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang beberapa tips memilih akuarium yang tepat. Semoga bermafnaat.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.