Tanaman

Tonina Fluviatilis, Tanaman Stem Aquascape Tropis yang Keren

Harga Tanaman Aquascape Tonina fluviatilis

Tonina Fluviatilis, Tanaman Stem Aquascape Tropis. Tonina fluviatilis adalah tanaman batang hias yang luar biasa dari daerah tropis Amerika Tengah dan Selatan. Di sana ia tumbuh dan tenggelam dalam air yang lembut, asam, dan jernih, juga di biotop blackwater. Itu adalah anggota keluarga Pipewort (Eriocaulaceae) serta Eriocaulon dan Syngonanthus.

Baru belakangan ini Tonina fluviatilis semakin tersebar luas di kalangan hobi akuarium. Batangnya yang tipis dan bercabang ditata rapat dengan lanset, panjang daunnya hanya sekitar 1 – 1,5 cm yang berwarna hijau muda segar dengan sedikit kilau keperakan di bawah air.

  • Nama Spesies: Tonina fluviatilis
  • Sinonim: Star Grass
  • Asal: blackwater rivers in the Amazon Basin
  • Genus: Tonina
  • Family: Eriocaulaceae
  • Asal Negara: South America
  • Tingkat Pertumbuhan: Moderate
  • Kebutuhan Cahaya: Medium
  • Toleransi pH: 5.0-7.0
  • Toleransi Hardness: Very Soft – Hard
  • Tingkat Kesulitan: Moderate
  • Jenis Tanaman: Stem

Sebagai tanaman air lunak yang khas, Tonina fluviatilis cocok untuk akuarium yang sesuai dengan air yang lunak, agak asam dan konsentrasi CO2 tinggi (sekitar 20-30 mg / l). Itu juga lebih suka pencahayaan yang kuat. Substrat asam, misalnya sejenis aquasoil, direkomendasikan, serta suplai nutrisi yang seimbang, terutama dengan mikronutrien. Tingkat pertumbuhannya hanya sedang. Tonina mudah diperbanyak dengan stek batang.

Baca Juga:  Anubias Angustifolia Si Cantik Penghuni Aquascape Dari Afrika Barat

Tonina fluviatilis terlihat sangat baik sebagai kelompok tanaman dari tengah hingga latar belakang. Dengan kebiasaan eksotisnya, ia cocok di tangki dengan tanaman tidak biasa lainnya, mis. Spesies Syngonanthus dan Eriocaulon, berbagi tuntutan yang sama dengan mereka. Hal ini juga menarik untuk akuarium biotop blackwater, asalkan pencahayaan yang tinggi dan kebutuhan CO2 dapat dipenuhi.

Cara Budidaya

T. fluviatilis memiliki persyaratan yang cukup khusus untuk budidaya dan bukan merupakan tanaman pemula. Pertama dan terpenting, tanaman batang ini membutuhkan air yang cukup lunak. Kekerasan total sekitar 5 atau di bawahnya menguntungkan. Reaktivitas substrat harus bersifat asam. Tanaman membutuhkan banyak cahaya (1 watt per liter atau lebih). Injeksi CO2 adalah suatu keharusan. Anehnya, T. fluviatilis tidak terlalu rewel dalam hal jumlah pupuk cair, selain pasokan zat besi dan mikronutrien yang cukup. Namun, kadar nitrat dan fosfat tidak boleh turun ke nol.
Persyaratan khususnya terkadang menyebabkan penjaga tangki yang ditanam menyiapkan tangki tambahan terutama untuk T. fluviatilis dan tanaman lain dengan persyaratan serupa (yaitu air lunak dan substrat asam, seperti spesies Syngonanthus dan Eriocaulon, dll.).

Baca Juga:  Alternanthera Reineckii Mini, Favorit Tanaman Gaya Dutch Style

T. fluviatilis memiliki kebiasaan tumbuh tegak bahkan di bawah cahaya yang sangat kuat, namun dari waktu ke waktu tumbuh tunas lateral pada batangnya. Pertumbuhannya yang lambat adalah alasan mengapa tanaman tetangga yang tumbuh lebih cepat menimbulkan bahaya yang cukup besar dari pertumbuhannya yang berlebihan. Pastikan juga tanaman tidak teduh.

Jika terlalu tinggi, Anda dapat memotong bagian atas, yang tunasnya lebih kuat dapat digunakan untuk propagasi. Jika Anda ingin memperbanyak tanaman, potong tunas samping dan tanam kembali di substrat. Disarankan untuk menggunakan hanya ujung pucuk yang panjangnya sekitar 5 cm, karena stek yang lebih panjang cenderung menumbuhkan akar di bagian bawah batang di luar substrat, yang tidak terlihat bagus. Stek yang lebih pendek berkembang menjadi batang yang lebih indah dan tampak lebih sehat.

Baca Juga:  Eleocharis montevidensis, Giant Hairgrass Buat Background Aquascape

Karena tingkat pertumbuhannya yang moderat, kebiasaannya yang sangat tegak dan tingginya yang dapat beradaptasi, sangat cocok untuk tank bergaya Belanda.

Harga Tonina fluviatilis

Harga tanaman Tonina hampir sama dengan tanaman stem yang lain. Umumnya dijual dengan per cup dan satu cupnya sekitar Rp. 15.000 – Rp. 20.000. Tanaman banyak dijual secara online maupun secara offline di banyak toko aquascape.

 

Tanaman Stem

Tanaman Bagus

Good

Tonina fluviatilis adalah tanaman batang hias yang luar biasa dari daerah tropis Amerika Tengah dan Selatan

User Rating: 4.5 ( 1 votes)
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.