Ikan Hias

Udang Blue Velvet, Budidaya Udang di Aquascape dan Cara Perawatannya

Memelihara dan Beternak Udang Blue Velvet dengan Mudah

Udang Blue Velvet, Budidaya Udang di Aquascape dan Cara Perawatannya. Dibesarkan dari jenis liar yang sama dengan Sakura Red Cherry Shrimp, Udang Blue Velvet Shrimp adalah varian warna dari spesies Neocaridina davidi (sebelumnya Neocaridina heteropoda).

Sedikit yang diketahui tentang bagaimana varian ini berkembang biak, tetapi mereka perlahan-lahan mulai populer dalam hobi udang kerdil karena warnanya yang menakjubkan dan kemudahan perawatan. Persyaratan perawatan mereka sangat mirip dengan Red Cherry Shrimp (jenis kerdil udang paling populer dalam hobi akuarium), dan mereka sama kuat dan mudah berkembang biak. Ini membuat udang ini sangat cocok untuk pemula yang ingin memelihara udang kerdil.

Ini adalah udang air tawar dan dapat hidup di hampir semua akuarium air tawar karena sifatnya yang sangat mudah beradaptasi. Mereka sangat populer untuk penghuni aquascape dan banyak orang menggunakannya di akuarium besar untuk pengelolaan limbah dan kontrol ganggang. Mereka berkembang biak dengan sangat cepat, membentuk koloni yang berfungsi sebagai kru pembersih yang sangat efektif dan meningkatkan akuarium apa pun dengan warna yang indah.

Baca Juga:  Inilah 5 Fakta Ikan Buntal yang Jarang Diketahui

 

Parameter Tangki yang Direkomendasikan

  • Kisaran tingkat pH: 6.4 hingga 8.0, kisaran ideal: 6.8 hingga 7.5
  • Kisaran suhu: 24 ° hingga 28 ° C
  • Jenis air: kH 0-8; gH 4-14; TDS 100-300

Semua udang kerdil lebih suka hidup dalam tangki dengan tanaman air hidup (seperti willow moss, baby tear, cabomba hijau, dll). Ada beberapa alasan untuk ini:
1. Udang kerdil menyukai Perlindungan yang disediakan tanaman
2. Mereka suka merumput di tanaman untuk mencari alga
3. Tanaman membantu menjaga air tetap bersih untuk udang

 

Makanan Udang Blue Velvet

Udang Blue Velvet Shrimp membutuhkan sedikit makanan. Memberi makan berlebihan adalah penyebab umum kematian, jadi jangan memberi mereka makan lebih dari yang bisa mereka makan dalam dua jam. Dalam tangki yang sudah mature di mana terdapat banyak alga dan biofilm, udang kerdil mungkin tidak membutuhkan makanan tambahan sama sekali.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Koi, Bisa Untung Milyaran dengan Metode Ini

Selain makanan dan pelet ikan atau udang, udang kerdil juga akan memakan sayur-sayuran yang direbus (seperti zucchini, wortel, dan bayam), serta wafer atau pelet ganggang.

Peringatan! Hindari produk makanan, obat-obatan, atau pupuk tanaman yang mengandung tembaga dalam bentuk apa pun. Tembaga beracun bagi invertebrata. Banyak makanan ikan komersial, obat-obatan, dan pupuk nabati mengandung tembaga atau lebih umum tembaga sulfat. Selalu lihat daftar bahan untuk setiap produk yang masuk ke akuarium untuk memastikan mereka bebas dari tembaga.

 

Pembiakan Udang Blue Velvet

Udang blue velvet mudah berkembang biak. Faktanya, Anda tidak perlu melakukan apa pun selain memberikan udang dengan kondisi yang baik, tutup inlet filter aquarium (seperti spons), dan simpan di dalam tangki tanpa ikan (kecuali Otocinclus) ikan lele – mereka baik-baik saja untuk memelihara udang).

Baca Juga:  Ciri-Ciri Ikan Mas Hias yang Wajib Anda Tahu Sebelum Membelinya

Betina akan membawa antara 30 dan 50 telur sekaligus dalam satu kelompok di bawah ekornya, dan udang yang baru menetas segera mampu bertahan sendiri. Namun, harus ada ganggang dan / atau biofilm yang memadai di dalam tangki untuk mereka makan.

Dalam tangki yang tidak memiliki ganggang atau biofilm (biasanya tangki yang lebih baru), udang dapat diberi makan dengan menghancurkan serpihan ganggang sebelum menjatuhkannya. Dalam waktu 3 bulan, udang yang baru lahir akan matang secara seksual dan dapat berkembang biak. Bila dipelihara dengan baik, 10 udang bisa berubah menjadi 1.000 dalam 6-8 bulan.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.