Aquascape

Ukuran PAR (Radiasi Aktif Fotosintesis) dalam Pencahayaan Aquascape

Relevankah Menghitung PAR dalam Cahaya Aquascape?

Ukuran PAR (Radiasi Aktif Fotosintesis) adalah pengukur yang berguna untuk mengukur cahaya yang relevan untuk pertumbuhan tanaman karena secara langsung mengukur jumlah cahaya yang tersedia untuk fotosintesis tanaman. Namun, sejauh ini perhitungan PAR yang rumit lebih banyak digunakan untuk kajian sains dan praktek laboratorium.

Tumbuhan menggunakan cahaya tampak untuk fotosintesis, yang berkisar dari cahaya biru rendah hingga merah dalam dan digambarkan sebagai panjang gelombang antara 380 nm dan 750 nm. Wilayah antara 400 nm dan 700 nm  terutama digunakan untuk mendorong fotosintesis dan biasanya disebut sebagai Radiasi Aktif Fotosintesis (PAR).

Ahli biologi tanaman mengkuantifikasi PAR menggunakan jumlah foton dalam kisaran 400-700 nm yang diterima oleh permukaan untuk jumlah waktu tertentu, atau Foton Fluks Kepadatan Foton (PPFD) dalam satuan μmol / dtk. Nilai ini tidak membedakan antara foton dengan panjang gelombang berbeda.

Baca Juga:  Aquascape Tema Jungle, Basic lay Out dan Perawatannya

Beberapa penelitian telah dilakukan, di mana para ilmuwan bereksperimen pada tanaman (atau bagian dari tanaman) untuk menentukan bagian mana dari spektrum panjang gelombang yang memiliki efek positif terutama pada aktivitas fotosintesis mereka. Untuk tujuan ini, spektrum panjang gelombang dikaitkan dengan penyerapan CO2. Hasilnya adalah spektrum penyerapan dalam ketergantungan fiksasi CO2.

tabel par aquascape
Studi yang relevan adalah e. g. McCree (1971 – “Spektrum aksi, absorbansi dan hasil kuantum fotosintesis pada tanaman tanaman”. Meteorologi Pertanian. 9: 191–216) atau spektrum khasiat menurut Standar Industri Jerman DIN 5031.

Yang cukup menarik, spektrum cahaya berbeda jauh dari studi ke studi. Ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa berbagai jenis tanaman atau bagian digunakan untuk percobaan, karena pada prinsipnya setiap spesies tanaman memiliki spektrum aksi individu masing-masing. Menurut McCree, max fiksasi CO2 dalam rentang spektral merah, menurut DIN 5031, cahaya biru lebih efektif. Grafik berikut menggambarkan spektrum aksi yang patut dicontoh:

Baca Juga:  Pupuk Aquascape, Kandungan Pupuk dan Cara Menggunakanya

Menjelajahi spektrum aksi optimal yang ideal untuk semua jenis tanaman sangat sulit karena kekhasan dan preferensi masing-masing spesies tanaman. Tepatnya panjang gelombang mana yang lebih disukai tergantung terutama pada spesies tanaman tertentu dan juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti lampu yang digunakan dan intensitas cahaya. Sebagai contoh, silakan pertimbangkan studi berikut: “Menemukan spektrum cahaya pertumbuhan yang optimal untuk tanaman rumah kaca”.

 

Ukuran PAR Lebih relevan untuk Sains dan Kajian Ilmiah Tanaman

Ukuran PAR dan kerapatan fluks foton adalah istilah yang terutama digunakan dalam sains. Dalam pemeliharaan akuarium air tawar sehari-hari dan budidaya tanaman air, unit-unit ini belum benar-benar relevan – mereka telah menjadi lebih mapan di perairan laut. Untuk alasan ini, di akuarium atau aquascape yang ditanam, pencahayaan yang idealnya didasarkan pada spektrum sinar matahari siang hari yang memancarkan cahaya dalam kisaran merah, hijau dan biru.

Baca Juga:  Mengatasi Suhu Aquarium yang Terlalu Tinggi

Untuk mengevaluasi dan membandingkan lampu akuarium sehubungan dengan pengaruhnya terhadap kinerja fotosintesis tanaman air, masih lebih disarankan untuk menggunakan unit lumen (fluks bercahaya) daripada PAR yang diekspresikan oleh kerapatan fluks foton. Sebab, tidak cukup data PAR disediakan oleh produsen lampu akuarium, dan temuan ilmiah tentang nilai-nilai PAR tanaman air di air tawar masih .

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.