DIY

Wabi Kusa, Cara Membuat Wabi Kusa yang Indah dan Menarik

Tips Menanam Wabikusa Agar Tumbuh Sehat dan Indah

Wabi Kusa, Cara Membuat Wabi Kusa yang Indah dan Menarik. Wabi kusa pada dasarnya adalah sebagian kecil substrat dan tanaman yang koheren (biasanya tanah), sering dibentuk menjadi bola, dengan berbagai tanaman air tumbuh di dan dari sana. Tanaman dalam bentuk emersed. Ini telah dipopulerkan oleh Takashi Amano dan perusahaannya ADA, Aqua Design Amano.

Takashi Amano suka menggunakan Wabi-Kusa untuk secara efisien menanam tangki akuarium yang lebih besar. Alih-alih dengan susah payah menempatkan tanaman air satu per satu dengan pinset, ia hanya mengambil Wabi-Kusas pra-budidaya dan menempatkannya di tanah di akuarium.

Tidak ada terjemahan pasti dari ‘Wabi-kusa’ dalam bahasa Indonesia. ‘Wabi’ menunjukkan sesuatu estetika, keindahan yang tidak sempurna dan alami (seperti di wabi sabi). ‘Kusa’ berarti ‘rumput’ atau kadang-kadang ‘tanaman’. Oleh karena itu ‘Wabi-kusa’ tidak dapat diterjemahkan secara literal. Ini menunjukkan sesuatu yang alami, indah, ketidaksempurnaan yang manis dan melibatkan tanaman.

Bahasa Indonesia jelas tidak cukup konseptual untuk mengungkapkan semua konotasi tersebut, yang mungkin mengapa kita tetap menggunakan nama ‘Wabi-kusa’; untuk menjaga kesederhanaan yang anggun dari konsep nama Jepang yang ditunjukan.

Ini juga secara tematis dekat dengan apa yang disebut metode drystart di mana tanaman yang dipanen dibudidayakan dalam bentuk substrat mereka juga.

Wabi-Kusa diselaraskan dengan konsep estetika Wabi-Sabi Asia Timur, di mana yang sementara dan tidak sempurna memainkan peran khusus. Tidak ada terjemahan langsung, tetapi dapat dengan santai dibatasi dengan “lanskap rumput yang indah”.

 

Tanaman Untuk Wabikusa

Hampir setiap tanaman akuarium juga cocok untuk digunakan dalam Wabi-Kusa, asalkan dapat membentuk bentuk bawah air- (terendam) dan overwater (terendam). Sebagian, bentuk pertumbuhan yang terendam dan terendam sangat berbeda satu sama lain dalam warna dan struktur daun. Tumbuhan bawah laut khusus seperti Vallisneria, Blyxa atau Ceratophyllum tidak cocok untuk Wabi-Kusa.

Spesies tanaman populer untuk Wabi adalah sebagian besar tanaman batang, tetapi juga penutup tanah. Dalam konteks ini, lumut dianggap “tanaman bermanfaat” dan berfungsi sebagai struktur dasar dan penyimpanan air.

Untuk pengaturan awal Wabi-Kusa, kami sarankan untuk menggunakan tanaman air yang sudah dalam bentuk emersed (seperti kebanyakan pot pot yang tersedia dalam perdagangan komersial). Ini mungkin terdengar mudah, tetapi sebagai contoh: menggunakan stek tanaman yang terendam dari aquascape Anda, menanamnya ke dalam Wabi-Kusa dan membiarkannya beralih ke bentuk emersednya adalah pekerjaan yang cukup sulit dan tidak selalu sukses.

Jika Anda ingin menggunakan tanaman dari akuarium Anda, lebih baik membiarkannya tumbuh di luar permukaan air. Tunas tanaman kemudian telah berubah menjadi bentuk emersed dan dapat dipangkas di dekat permukaan.

 

Membuat Wabi Kusa

Anda dapat dengan mudah membuat bola tanah Wabi sendiri. Anda membutuhkan alat dan bahan berikut:

  • Sarung tangan karet untuk melindungi tangan Anda dari kotoran
  • Beberapa Soil atau tanah
  • Mangkuk kecil
  • Lumut
  • Tanaman air
  • Pinset tanaman halus
  • Tali dan gunting

 

1. Membuat Adonan Tanah

mempersiapkan Substrat wabi kusa

Isi beberapa tanah ke dalam mangkuk kecil dan tambahkan air. Kenakan sarung tangan dan uleni tanah sampai Anda mendapatkan massa yang koheren. Butiran tanah individu bisa diperas. Konsistensi “adonan” harus sedikit empuk tetapi tidak terlalu basah sehingga menjadi berantakan.

 

2. Membentuk tanah

membentuk soil

Jika Anda menggunakan adonan yang koheren, Anda bisa membentuk tanah menjadi bola dengan tangan. Jika konsistensinya benar, ia akan tetap dalam bentuk bulatnya. Bentuk lain juga cocok (mis. Berbentuk patty), tetapi bola dalam vas tetap yang paling populer.

 

3. Membungkus dengan Moss

membungkus moss

Gunakan tali untuk membungkus bola tanah dengan lumut. Ini pada dasarnya memiliki dua alasan: bola tanah menjadi lebih stabil dan lumut bisa menyimpan kelembaban. Tali harus rapat dan cukup sering dililitkan untuk menjaga agar tanah tetap solid dan menyatu.

 

4. Menanam Tanaman

cara tanam wabikusa

Sekarang bagian atas bola dapat ditanami dengan tanaman air. Untuk itu, Anda menusuk lubang dengan ujung pinset Anda dan memasukkan batang.

 

5. Setting Wabi Kusa di Pot, Gelas, atau mangkok

setting wabi

Sekarang bola tanah yang ditanam ditempatkan di dalam vas atau mangkuk kaca. Level air minimal hanya beberapa sentimeter harus dijaga untuk memberikan kelembaban yang cukup di substrat. Vas atau mangkuk harus ditutup dengan plastik selama empat minggu pertama. Setelah masa transisi ini, Anda dapat membuka plastik untuk memungkinkan tanaman terbiasa dengan udara interior yang lebih kering.

 

6. Perawatan

perawatan wabikusa

Setelah sepenuhnya beralih ke pertumbuhan yang optimal, Wabi-Kusa tidak akan membutuhkan terlalu banyak perawatan. Tergantung pada lokasinya, harus disemprot secara berkala dengan air lunak, bahan tanaman yang sudah mati dibuang. Tanaman dipangkas jika perlu. Pupuk hanya boleh ditambahkan ke air semprotan setelah waktu yang lama dan jika tanaman tidak tumbuh seperti yang diharapkan.

 

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.