Aquascape

Water Change Pada Aquascape, Manfaat dan Fungsi WC Rutin

Cara dan Metode WC Aquascape yang Benar

Water Change Pada Aquascape, Manfaat dan Fungsi WC Rutin. Di sungai dan perairan air tawar, Sirkulasi air terjadi dengan sendirinya di aliran alami, akuarium pada dasarnya adalah sistem tertutup. Jadi di sini, manusia harus membantu untuk menyediakan air baru yang segar. Berikut ini uraian mengapa perubahan air penting dan bagaimana melakukannya dengan terbaik ..

Mengapa Perlu Water Change Pada Aquascape?

Pada ekosistem aquascape penting menukar air untuk mengurangi beban organik yang dihasilkan. Hal ini disebabkan, oleh sisa makanan, bahan tanaman sekarat dan ekskresi penghuninya. Bakteri yang berguna, yang menetap terutama di filter dan soil dasar aquascape, dapat menurunkan polutan ini di akuarium. Tumbuhan air sebagian dapat menggunakan produk degradasi ini sebagai nutrisi. Meskipun demikian, mungkin ada akumulasi bahan organik, terutama yang tidak dapat terdegradasi di akuarium, seperti lemak dan protein.

Baca Juga:  Panduan Aquascape Pemula Tips Dasar yang Harus Dipelajari

Masalah penting lainnya dalam akuarium adalah beban kuman. Seiring waktu, jumlah patogen (bakteri, jamur, virus) dalam air akuarium akan terus meningkat. Ganti air secara teratur dan besar dengan air yang fresh membantu mengurangi beban kuman.

Mengenai pemupukan tanaman air, perubahan air menyediakan semacam “reset”. Ini mencegah, misalnya, bahwa nutrisi tertentu menumpuk terlalu banyak. Di sisi lain, mineral baru ditambahkan ke air tawar yang bisa digunakan di akuarium.

Karena itu kami merekomendasikan water change pada aquascape dilakukan dnegan penggantian air parsial secara teratur setidaknya 50% per minggu.

 

Pelaksanaan Water Change pada Aquarium

Metode jadul adalah menyedot dengan selang. Sebuah ember ditempatkan di lantai dan air lama dikosongkan menggunakan selang. Satu ujung selang dipegang ke dalam akuarium, lalu, menggunakan mulut Anda, air disedot di ujung selang yang lain. Segera setelah air mengalir ke selang, pindahkan ujung bawah selang ke ember sesegera mungkin. Kemudian ember dikosongkan dan digunakan kembali untuk mengisi akuarium dengan air segar.

Baca Juga:  Suhu Aquascape, Pentingnya Monitoring Temperatur Aquascape

 

Tindakan pembersihan saat mengganti air

Setelah permukaan air di akuarium diturunkan,Kita harus menggunakan kondisi ini untuk membersihkan kaca. Dengan cara ini, bagian-bagian tanaman kecil sering menempel di bagian atas tepi akuarium, yang jika tidak akan mengambang di permukaan. Kita bisa menghapusnya dengan sangat mudah menggunakan selembar kertas tisu. Juga, panel kaca sekarang lebih mudah dibersihkan, terutama di daerah atas, karena Anda tidak harus mencelupkan tangan ke dalam air. Deposit kapur dapat dengan mudah dihilangkan menggunakan scraper.

 

Penyesuaian Parameter Air

Perubahan air yang mendadak biasanya bisa membuat shock penghuni aquarium terutama ikan kecil dan udang. Akan lebih baik jika kita menyesuaikan air sesuai dengan parameter yang ada di aquarium. Jangan memberikan air yang terlalu panas atau terlalu dingin. Sesuaikan juga PH air agar penghuni aquascape tetap nyaman, penambahan garam aquarium juga baik untuk treatment ikan dan udang.

Baca Juga:  Pencahayaan Aquascape, Menghitung Kebutuhan Lampu Aquascape

Incoming search terms:

Water change artinya
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.