Aquascape

Aquascape Tema Natural (Nature Style) Basic Lay Out dan Perawatannya

Cara membuat Aquascape Gaya Alam Tema Natural (Nature Style)

Aquascape Tema Natural (Nature Style) Basic Lay Out dan Perawatannya. Aquascape gaya alam sebagian besar dianggap sebagai salah satu gaya desain aquascape paling populer saat ini. Pertama kali diperkenalkan oleh Takashi Amano, akuarium alam mewujudkan banyak prinsip inti yang sama dengan teknik berkebun Jepang.

Tujuan utama pembuatan aquascape dengan gaya ini adalah untuk meniru pemandangan alam sedekat mungkin.

Dari pegunungan hingga kayu apung yang terendam, desain ini memiliki potensi keindahan dan orisinalitas yang tiada habisnya. Dengan menggunakan Rasio Emas di seluruh desain aquascape, Anda memiliki kesempatan untuk menerapkan berbagai variasi hardscape dan kehidupan tanaman.

Aquascape tema natural yang paling umum menggambarkan apa yang akan Anda lihat di lingkungan alami seperti dataran bergulir, bukit, hutan hujan, atau pegunungan.

Meskipun aquascape pada awalnya mungkin tampak tergesa-gesa atau tidak seimbang dalam penyajiannya, kenyataannya adalah bahwa desain ini membutuhkan banyak keterampilan, perencanaan, dan detail yang rumit untuk membuat pemandangan seperti itu.

 

Fitur Utama Aquascape Tema Natural

Ada banyak fitur berbeda dari akuarium gaya alam yang mendefinisikan aquascape. Penggunaan Rasio Emas biasanya digunakan dalam penerapan gaya ini hanya untuk satu titik fokus tertentu di seluruh aquascape.

Baca Juga:  Filtrasi Aquascape yang Tepat Agar Tanaman Tumbuh Optimal

Dalam desain alam, biasanya titik fokus ini menggunakan batu atau tanaman kontras untuk menarik perhatian ke area tersebut.

golden rasio aquascape natural

Menggunakan Golden Ratio, aquascaper mampu membuat representasi proporsional dari pengaturan alam; ini adalah kunci untuk keseluruhan atmosfer desain, karena ini menggambarkan pemandangan persis seperti di alam.

Jika terdapat ketidaksejajaran atau ketidakseimbangan ukuran antar objek, kemungkinan aquascape akan tampak terdistorsi dan tidak alami, sehingga menggagalkan keseluruhan fokus desain.

 

Basic layout Aquascape Tema Natural

Gaya aquascape alam juga menggunakan tiga bentuk penentu dalam keseluruhan tata letak akuarium. Penggunaan Rasio Emas dan bentuk tata letak ini akan memberikan pedoman untuk diikuti oleh aquascaper, memungkinkan fokus untuk memilih perpaduan yang tepat antara hardscape dan kehidupan tanaman.

  • Cekung

Tata letak cekung menerapkan titik fokus yang ditempatkan lebih rendah di akuarium.

Titik ini kemudian dikontraskan dengan kehidupan tanaman yang tinggi atau tumbuh tinggi yang secara bertahap berakhir di tengah, memberikan bentuk “U” pada keseluruhan desain.

Tata letak cekung berguna untuk menggambarkan suasana alam seperti lembah, jalan, atau lereng bukit dan menciptakan ilusi kedalaman akuarium Anda.

 

  • Cembung

Tata letak cembung sering kali menggunakan batu, tanaman, kayu apung, atau centerpiece menonjol lainnya yang berani untuk memberikan ketinggian di tengah keseluruhan desain.

Baca Juga:  Parameter Air Aquascape, Pemahaman Tentang PH, KH, GH, dan TDS Air

Di bagian luar akuarium sering terdapat kehidupan tanaman yang lebih kecil yang telah dipangkas atau tumbuh rendah hingga ke lapisan substrat akuarium Anda.

Orang biasanya akan menerapkan pengaturan alam pulau atau pegunungan saat menggunakan bentuk cembung di akuarium gaya alam mereka.

  • Segi tiga

Bagian tengah bertingkat tinggi yang memiliki satu sisi yang secara bertahap berkurang dari bagian tengah ke tingkat media menentukan tata letak segitiga.

Campuran kayu apung, batu, dan lumut sering digunakan sebagai fondasi desain ini; tanaman yang lebat sering digunakan di tengah segitiga sehingga memberikan bobot dan massa pada desain keseluruhan.

Aquascaper yang menggunakan bentuk ini seringkali dapat menciptakan pemandangan terumbu karang tropis atau tepi sungai.

 

Ikan dan Tanaman

Kehidupan tumbuhan dan ikan adalah komponen vital dari gaya alam aquascape. Biasanya, gaya ini menggunakan spesies ikan dan tumbuhan yang ditemukan di lingkungan sebenarnya yang coba dibuat ulang oleh aquascaper.

Dalam aquascape alam, tanaman stem sering digunakan karena tumbuh sangat cepat dan padat, sangat bagus untuk menciptakan perbedaan ketinggian di seluruh akuarium.

Selain itu, penggunaan pakis dan lumut juga biasa digunakan dengan kayu apung dan hardscape batu. Pemilihan ikan harus didasarkan pada perilaku spesies, bentuknya, dan estetika umumnya.

Baca Juga:  Water Change Pada Aquascape, Manfaat dan Fungsi WC Rutin

Secara keseluruhan, yang terbaik adalah memilih ikan yang tidak akan mengganggu tampilan akuarium Anda, seperti ikan tetra.

Selain itu, ikan juga biasanya menyesuaikan diri dengan pengaturan alami yang akan diwakili oleh akuarium.

 

Tantangan dengan Nature Aquascapes

Variasi antara spesies dan banyak elemen dari akuarium gaya alam menghasilkan tantangan terkait pemeliharaan.

Substrat berkualitas baik, pakan tanaman yang kaya nutrisi dan pemantauan tingkat CO2 diperlukan untuk mempertahankan akuarium gaya alam.

Selain itu, ketiga gaya tata letak desain ini juga akan mengharuskan aquascaper untuk memangkas tanaman untuk mempertahankan bentuk akuarium.

Variasi keterampilan dan permintaan akan keseimbangan antara berbagai metrik membuat gaya ini sulit dipertahankan.

Secara keseluruhan, aquascaping gaya alam adalah representasi pemandangan alam yang indah dan elegan.

Menggunakan banyak konsep desain dasar yang berbeda seperti Rasio Emas dan bentuk tata letak, aquascaper memiliki panduan yang jelas tentang cara memulai.

Namun, penerapan dan pengelolaan gaya ini membutuhkan keterampilan yang rumit dan dinamis untuk memelihara akuarium yang sehat.

Incoming search terms:

aquascape tema natural
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.