Ikan Hias

Jenis Keong Aquascape yang Membantu Membersihkan Algae

Keong Aquascape Nerit, Keong Bawang, Keong tanduk, keong Tubo

Jenis Keong Aquascape yang Membantu Membersihkan Algae. Siapa pun yang pernah tmerawat aquascape mungkin akrab dengan keong. Bagi beberapa aquarists,keong bisa dijadikan sebagai pemakan alga yang membantu membersihkan tangki dan menjaga keseimbangan.

Sebagian besar keong air tawar adalah makhluk kuat yang berkembang biak dalam parameter air yang sama seperti kebanyakan ikan akuarium, membuatnya mudah dipelihara dan cocok dengan berbagai jenis ikan dan spesies invertebrata.

Mereka datang dalam berbagai ukuran dan warna, dan terlepas dari kepercayaan populer, tidak semua siput adalah peternak produktif yang akan membanjiri akuarium Anda, meskipun beberapa jenis dapat dan melakukannya. Selalu teliti setiap tambahan baru sebelum memasukkannya ke akuarium Anda. Pada artikel ini, kita akan melihat berbagai jenis siput air tawar dan cara merawat atau menghindarinya dengan benar.

Keong Nerit (Keong Turbo)

Nerites (Neritina spp.) Adalah pemakan alga yang luar biasa yang juga memakan sisa makanan ikan, tumbuhan mati dan “barang” lainnya di dasar aquascape. keong ini mempunyaio berbagai warna dan pola, termasuk yang bertanduk! Mereka termasuk yang paling cantik dari semua siput akuarium.

Jenis keong Turbo Aquascape

Mereka relatif kecil, tidak memakan tumbuhan dan limbahnya mengandung bakteri yang bermanfaat bagi saluran pencernaan udang, menjadikannya sempurna untuk akuarium dan tangki udang.

Siput nerite tidak sulit untuk berkembang biak, tetapi larvanya membutuhkan air payau atau air asin untuk berkembang biak, jadi hanya ada sedikit risiko mereka menyerbu akuarium. Mereka diperkirakan hidup minimal 3 tahun, tetapi ada laporan 5 tahun dari penghobi. Mereka suka merangkak keluar dari air, jadi pastikan Anda memasang tutup akuarium yang aman!

Baca Juga:  Pemakan Alga Terbaik untuk Mengontrol Ganggang di Aquascape

Keong Assasin

Keong Assasin memiliki bentuk panjang mengerucut serta memiliki corak warna garis hitam melingkar diselingi warna kuning kecoklatan di sekujur cangkangnya.

keong assasin

Apabila sering diperhatikan, keong ini sangat sering mengelilingi tank akuarium guna mencari mangsa. Gerakan santai yang tidak terlalu cepat nyatanya menjadi senjata ampuh karena tepat sasaran layaknya Assasin ninja.

 

Jenis Keong Aquascape: Trumpet Snail

Melanoides tuberculata ini sering dianggap hama oleh sebagian para penghobi aquascape. Padahal apabila ditilik lebih lanjut, keong ini sangat menguntungkan karena mampu membantu menggemburkan substrat dan mengurangi risiko terjadinya kondisi anaerob (kondisi tidak ada oksigen dalam akuarium).

Berbeda dengan keong jenis lain, keong ini tidak memakan alga dan lumut-lumut, melainkan memakan dedaunan dan sisa sisa makanan atau kotoran ikan.

Sumber makanan tesebut kemudian akan diolah serta diurai menjadi bentuk yang lebih kecil dan pada akhirnya akan diproses lebih lanjut oleh bakteri pengurai yang ada di dalam tanah.

Keong Terompet termasuk hermafrodit dan mudah berkembang biak. Tak jarang sering tejadi ledakan populasi keong terompet di dalam akuarium maupun aquascape. Guna mengantisipasi hal tersebut, hal yang sangat ampuh adalah dengan mengurangi pemberian pakan secara berlebih.

Baca Juga:  Mengenal Ikan louhan: Temperatur, Usia, dan Ukurannya

 

Jenis Keong Aquascape: Keong Bawang

Secara kasat mata, kalau kita lihat dari bentuk keong ini hampir mirip dengan keong turbo yang sudah kita bahas. haya saja yang membedakan keong bawang dan keong turbo adalah corak yang dimiliki masing-masing
keong ini, keong bawang memiliki corak titik-titik hitam dengan warna tubuh merah gelap. sedangkan untuk sifat dan kegunaan keong ini tidak jauh berbeda dengan keong turbo malah sama saja dengan keong turbo dari mulai cara makan sampai prilakunya tidak jauh berbeda.

Keong Ramshorn

Keong Ramshorn lebih dikenal dengan keong hama. Kehadirannya sering tidak diundang dan tiba-tiba datang dalam tank. keong ini bercangkang transparan dengan warna yang sering dijumpai adalah coklat atau orange.
Namun ada juga keong Ramshorn yang berwarna biru dan merah.

Keong hama ini termasuk omnivora, memakan beberapa tumbuhan dan makanan udang. Apabila makanan ikan atau udang dalam tank berlebih maka keong ini akan sangat cepat sekali berkembang biak dan segera memenuhi tank.

perkembangbiakan keong Ramshorn dengan cara bertelur. Meraka meletakkan telur dimana saja dalam tank sehingga sulit diambil. Pengendalian populasi keong ini bisa menggunakan keong assassin atau diambil secara
manual. Walaupun keong ini keong hama, namun dalam jumlah yang sedikit keong ini dapat membantu mengurangi kadar nitrat dalam tank.

Baca Juga:  5 Cara Memelihara Ikan Nila Agar Cepat Besar dan Panen

Jenis Keong Aquascape: Rabbit Snail

Keong Rabbit sering disebut juga sebagai keong gajah karena mampu berukuran hingga 6 – 12 cm, tergantung pada sub-spesiesnya.

Jenis ini sangat aktif di sepanjang hari untuk mencari makan berupa alga, daun tanaman yang sudah membusuk serta kotoran-kotoran ikan. Pun juga sangat tenang dan damai karena dapat digabungkan dengan jenis hewan lain di dalam akuarium.

 

Keong Tanduk

Keong ini memiliki ciri khas yang sangat unik yakni memiliki tanduk di bagian cangkangnya. Keong ini memiliki warna corak menarik yakni garis hitam dan dipadu dengan beberapa warna seperti kuning dan oranye.

Keong tanduk

Selain itu, perpaduan warna yang terdapat dalam cangkang keong tanduk ini menyerupai warna lebah. Keong tanduk sangat menyukai setingan akuarium seperti tempat alami di mana mereka berada.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin usahakan agar akuarium dibuat seperti halnya pada habitat aslinya, yakni diberi arus air serta penambahan kayu dan akar ke dalam akuarium. Horn Snail dapat tumbuh secara maksimal hingga berukuran 2,5 cm pad suhu air 21 – 27 derajat celcius serta memiliki Ph air 6,5 hingga 8,0.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.