AlatAquarium Laut

Lampu UV Aquarium Laut, Fungsi dan Cara Pakainya

Kegunaan Lampu UV untuk Aquarium dan Manfaatnya

Lampu UV Aquarium Laut, Fungsi dan Cara Pakainya. Teknologi lampu UV awalnya banyak digunakan untuk sterilisasi air baku minum. Teknologi tersebut akhirnya diadopsi oleh industri akuakultur. Idenya adalah untuk memompa air kultur melalui unit UV untuk membunuh organisme patogen seperti bakteri, jamur dan parasit.

Sterilisasi UV tidak menambahkan bahan kimia ke akuarium laut dan tidak mempengaruhi kehidupan akuatik. Cahaya itu terkandung di dalam ruang UV. Teknologi ini dianut oleh industri akuakultur karena tidak diizinkan mengolah ikan dengan antibiotik dan bahan kimia lainnya.

UV mengurangi masalah penyakit tanpa menggunakan obat-obatan. Karena teknologinya semakin matang dan menjadi lebih murah, unit UV kecil diproduksi untuk akuarium.

Baca Juga:  Cara Setting Live Rocks di Akuarium Air laut untuk Hasil Optimal

Selama bertahun-tahun percobaan praktis oleh aquarists terumbu, tidak ada yang “buruk” yang terjadi ketika ada sterilisasi UV yang dijalankan di akuarium laut. Keseimbangan biologis tidak terganggu. Karang tidak kelaparan.

Sinar UV akan membunuh sel yang mengambang bebas dan fragmen berfilamen yang melewati unit UV. Hal ini pada akhirnya mengurangi populasi alga dan mengendalikan alga. Meskipun air akuarium Anda tampak jernih, ada jutaan bakteri dan mikroba lain yang beterbangan. Jumlah bakteri di air akuarium sangat besar dibandingkan dengan air alami.

Sinar UV secara dramatis akan mengurangi beban biologis ini, menyebabkan air akuarium berkilau dengan jernih. Jika beberapa mikroorganisme ini kebetulan bersifat patogen, Anda juga telah mengurangi kemungkinan timbulnya masalah penyakit pada ikan dan karang.

Baca Juga:  Cara Budidaya Karang Akuarium Laut di Rumah dengan Cepat

UV berkerja untuk mematikan mikroorganisme yang mengambang bebas pada air yang membuat air jadi hijau dan mikroorganisme tadi tidak melekat pada Anda ikan, substrat, tanaman, dekorasi

Aplikasi Lampu UV pada Filter Air Aquarium Laut

Sistem sterilisasi dengan lampu UV ada yang dilakukan dengan peralatan yang masuk ke aquarium namun ada juga yang diletakkan diluar bersamaan dengan filter. Sehingga penyaringan air lebih optimal.

sterilisasi aquarium dengan sinar uv

Cara Memasang Lampu UV Aquarium

  • Bersihkan dulu lampu UV menggunakan lap atau kain basah.
  • Pasangkan pengikat ke lampu UV, kemudian letakkan di ruangan atau wadah khusus yang telah disediakan.
  • Pastikan lampu UV terendam di air, setidaknya 1,5 hingga 2 cm. Ini penting agar proses sterilisasi air bisa berjalan maksimal.
  • Jauhkan dari jangkauan media biologi bakteri, seperti Bio Ring, karena dikhawatirkan dapat menghilangkan bakteri pengurai kotoran.
  • Tutup bagian atas lampu UV agar tidak mengganggu penglihatan Anda.
Baca Juga:  Harga Lampu UV Aquarium Berbagai Merek dan Tipe
Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.