Tips & Trick

5 Tips Merawat Ikan Louhan Agar Warnanya Tetap Bagus

Kali ini kami akan membagikan tips penting bagaimana cara merawat ikan louhan dengan benar. Ikan louhan termasuk salah satu primadona yang sampai sekarang masih memiliki peminat cukup banyak. Ikan ini cocok untuk mengisi akuarium Anda dan membuat siapa saja tertarik melihat ikan ini. Ikan louhan memiliki ciri khas berupa benjolan besar di kepalanya atau yang biasa dinamakan jenong.

Sebagian orang percaya bahwa ikan louhan merupakan ikan pembawa keberuntungan. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak yang memelihara ikan louhan. Ikan louhan juga dinamakan flowerthorn. Hal ini karena pada bagian sisiknya memiliki warna yang menyerupai bunga berwarna cerah dan menarik. Warna sisiknya akan berubah warna seiring dengan usianya mulai dari anakan hingga dewasa.

Baca Juga:  Cara Merawat Ikan Hias yang Baik dan Benar Agar Tidak Mati

Tips Merawat Ikan Louhan yang Perlu Diperhatikan

merawat ikan louhan

Bagi Anda yang berencana merawat ikan louhan, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan. Dengan begitu, ikan louhan yang Anda pelihara tersebut betah dan warna tubuhnya tetap bagus.

1. Ukuran Akuarium yang Cukup

Sebelum Anda membeli ikan louhan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan tempat tinggal ikan yaitu akuarium. Pastikan bahwa akuarium yang Anda siapkan memiliki ukuran yang pas agar ikan louhan bisa tinggal dengan nyaman dan bisa berenang dengan bebas. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan antara ukuran ikan dengan ukuran akuarium yang Anda siapkan.

2. Periksa Kondisi Air Secara Rutin

Tips kedua yaitu Anda harus memeriksa kondisi air secara rutin. Ikan louhan merupakan ikan air tawar dan pastikan bahwa air yang ada di dalam akuarium mempuyai kandungan oksigen yang cukup. Dengan begitu, ikan louhan bisa hidup dengan nyaman dan sehat.

Baca Juga:  Memunculkan Warna Merah Tanaman Aquascape? Ini Tipsnya

3. Bersihkan Filter Secara Rutin

Selain mengecek kondisi air, yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengecek dan membersihkan filter secara rutin. Kami menyarankan Anda mengecek filter setiap minggu dan jika perlu dibersihkan maka silakan langsung membersihkan filternya. Hal ini juga berkaitan dengan kenyamanan ikan louhan selama berada di akuarium.

4. Beri Pakan Berkualitas

Tips merawat ikan louhan selanjutnya adalah memberi pakan berkualitas. Biasanya ikan louhan akan diberikan kombinasi makanan, mulai dari cacing beku, pellet, sampai udang yang segar. Pastikan Anda memberi pakan secara rutin dan dengan porsi yang pas.

5. Berinteraksi dengan Ikan

Ikan louhan termasuk ikan yang mengerti jika mendapat perhatian dari pemiliknya. Maka dari itu, Anda harus sering melakukan interaksi karena hal ini juga berpengaruh terhadap kualitas ikan louhan, terutama mentalnya. Lakukan interaksi setiap hari agar ikan louhan tetap berkualitas dan bahkan bisa Anda ikutkan lomba atau sejenisnya.

Baca Juga:  Aquascape Low Tech, Tips Sukses Aquascape Tanpa Injeksi CO2
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.