Tanaman

Riccia Fluitans Crystalwort, Tanaman Moss & Karpet Nature Aquascape

Harga Tanaman Riccia Fluitans dan Cara Perawatannya

Riccia fluitans alias crystalwort adalah tanaman terapung yang ditemukan di seluruh dunia. Itu secara ilmiah dideskripsikan dan dikatalogkan pada awal 1753 oleh Linnaeus, namun, Takashi Amano dari Jepang adalah yang pertama kali menyimpannya terendam di akuarium alamnya, menggunakannya sebagai epifit dengan mengikatnya pada kayu dan batu dengan tali pancing tipis.

Dengan demikian, Riccia Fluitans menjadi salah satu tanaman aquaristis tanaman paling favorit. Ada empat varietas yang berbeda (berasal dari Jepang, Eropa, Thailand, dan Singapura), namun hanya varietas dari Jepang yang cocok untuk budidaya di aquascape.

 

Plant info

Type: Moss
Origin: Cosmopolitan
Country or continent where a plant is the most common. Cultivars arise or are bred in cultivation.
Growth rate: Medium
Growth rate of the plant compared to other aquatic plants.
Height: 3 – 5+
Average height (cm) of the plant after two months in the tank.
Light demand: Medium
The average or medium light demand of an aquarium plant is 0,5 W/L.
CO2 : Medium
A medium need in CO2 is 6-14 mg/L. A high demand in CO2 is approx. 15-25 mg/L.
Baca Juga:  Anubias Coffeefolia, Tanaman Aquascape yang Kokoh dan Menawan

Riccia fluitans mudah dibudidayakan. Distribusi luasnya dapat dikaitkan dengan fakta bahwa ia mentolerir banyak kondisi lingkungan yang berbeda, mis. tingkat kesadahan air sangat lunak hingga sangat keras, nilai pH antara 5 dan 8 dan suhu 15 hingga 30 ° C. Sebagai tanaman terapung tidak memerlukan intensitas cahaya yang tinggi, dan tidak perlu pupuk dengan CO2.

tanaman riccia aquascape

Namun, ketika dibudidayakan tenggelam, diikat ke batu dan kayu, kebutuhan nutrisi crystalwort meningkat pesat, dan juga membutuhkan lebih banyak CO2. Tanaman ini menyukai pasokan nutrisi yang tinggi, nitrat, fosfat, besi dan kalium adalah suatu keharusan.

Takashi Amano telah menunjukkan kepada kita potensi besar dari budidaya tanaman ini dalam hal pengaturan akuarium alami. Dia adalah orang pertama yang membuat karpet Riccia di bagian depan dan tengah akuarium. Digunakan dengan cara ini, Riccia menciptakan suasana hangat di akuarium. Namun, itu juga dapat digunakan sebagai tanaman terapung, tentu saja, menyediakan larva ikan yang baru menetas dengan penutup dan mis. gurami dengan dukungan untuk sarang gelembung mereka.

Baca Juga:  Aponogeton crispus, Tanaman Aquascape Cantik dari Sri Lanka

 

Harga Riccia fluitans

Tanaman Ini mudah ditemukan di toko aquascape maupun dijual secara online. Harganya juga cukup murah berkisar antara Rp. 15.000 – Rp. 20.000 per Cup.

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.