Aquascape

Driftwood Membuat Aquascape Semakin Natural dan Atraktif

Jenis Driftwood untuk Aquascape

Driftwood Membuat Aquascape Semakin Natural dan Atraktif. Dekorasi dengan kayu alami mengubah akuarium dari kotak kaca menjadi dunia bawah air tiga dimensi. Sepotong kayu menarik mata dan menciptakan aksen yang kuat yang menentukan gaya aquascape. Kayunya mungkin memiliki bentuk seperti akar yang halus atau penampilan seperti batang kayu yang tebal.

Driftwood menyediakan habitat yang lebih alami untuk ikan dan udang air tawar. Kayu menciptakan ruang terpencil untuk dijelajahi atau bersembunyi. Ikan bertelur sering mencari tempat untuk bertelur. Beberapa ikan akan bertelur langsung di atas kayu. Yang lain akan menggali lubang di dekat pangkalan. Bahkan dapat memberikan “pangkalan” bagi sang induk untuk berenang jika mereka merasakan ikan lain terlalu dekat.

Permukaan kayu Driftwood adalah permukaan ide untuk pengembangan alga dan mikroba. Mengapa Anda ingin pertumbuhan ganggang? Banyak ikan berkembang dengan menggembalakan sumber makanan mikroskopis ini. Dikenal dalam bahasa Jerman sebagai aufwuchs atau “pertumbuhan permukaan”, lapisan tipis makanan hidup inilah yang dimakan oleh banyak ikan tropis di alam.

Baca Juga:  Panduan Aquascape Pemula Tips Dasar yang Harus Dipelajari

Lele pleco tertentu dipercaya juga mengikis dan memakan potongan kayu Driftwood. Ini disebut Xylophagy dan tampaknya unik untuk lele Panaque seperti pleco bermata merah. Tetapi semua ikan akuarium akan menikmati aquascape yang mengandung kayu Driftwood.

 

Tipe Kayu Driftwood untuk Aquascape

Ada banyak jenis kayu yang terlihat bagus dan benar-benar aman untuk ikan, katak, siput, udang, dan kehidupan air lainnya.

Beberapa jenis kayu akan melepaskan tanin ke dalam air akuarium. Tanin disimpan di kulit kayu dan cabang-cabangnya, melindungi tanaman dari patogen tumbuhan alami.

Tanin cenderung memberi warna air akuarium warna seperti. Beberapa aquarists menemukan ini menarik karena menduplikasi sungai “blackwater” Amazon. Tapi kadang-kadang kayu bisa melepaskan banyak tanin dan menyebabkan air menjadi sangat gelap. Itu tidak akan membahayakan ikan, tetapi bisa mengganggu.

Baca Juga:  Iwagumi, Filosofi Desain dan Setting Aquascape Gaya Iwagumi

Berikut ini adalah jenis kayu akuarium yang paling umum dapat Anda temukan online dan di toko ikan. Perlu diingat bahwa beberapa jenis kayu adalah deskripsi umum dan bukan spesies tertentu.

 

1. Sumatran Driftwood (kayu Driftwood Sumatra)

Kayu apung Sumatera sebenarnya adalah potongan dari akar bakau. Dipanen dari pohon bakau mati selama pembukaan lahan. Alih-alih membakar atau membuangnya, akarnya dihancurkan untuk menghilangkan kulit kayu. Memberi kayu tampilan yang halus dan menarik. Tampak agak besar dan biasanya digunakan di akuarium air tawar besar sebagai pusat perhatian.

Sumatran Driftwood

Driftwood Sumatera tidak melepaskan tanin atau mengubah warna air. Aquarists melaporkan bahwa beberapa bagian akan mengapung jika tidak di treatment.

2. Bogwood

Bogwood adalah favorit karena mudah dikerjakan, terlihat seperti tunggul atau cabang yang terendam dan terlihat bagus di hampir semua desain aquascape. Juga mudah untuk mendapatkan pakis jawa, Anubias, dan lumut untuk dilampirkan di bogwood. Anda mungkin perlu merendam bogwood yang lebih kecil dan tidak berbobot untuk membuatnya tenggelam.

Baca Juga:  Substrat Aquascape, Jenis Substrat untuk Aquascape

Bogwood salah satu jenis driftwood

Bogwood terkenal karena pencucian tanin ke dalam air. Anda tidak pernah tahu berapa banyak potongan kayu gaharu akan dilepaskan. Itu sebabnya perlu di curing dan dipastikan benar-benar bersih.

 

3. malaysian Driftwood

Kayu apung Malaysia adalah kayu yang populer untuk akuarium air tawar. In tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, memungkinkan Anda untuk menciptakan lingkungan alami yang disukai ikan dan tanaman Anda.

malaysian drift wood

Mudah untuk membungkus kayu dengan lumut atau menempatkan segumpal Buce di atasnya. Pengkondisian disarankan untuk mengurangi pelepasan tanin dan membantu kayu tenggelam.

 

……Bersambung

Show More

Aquatic ID

Aquatic ID merupakan situs rintisan yang berusaha memberikan informasi detail mengenai berbagai seluk beluk aquascape dan segala peralatan pendukungnya. Semoga memberi manfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detect

Kami tumbuh dan besar dari advertising, Mohon non aktifkan adblocker pada browser.